SITUS BERITA TERBARU

Menteri ESDM Ingin Alihkan Subsidi Elpiji ke Kartu Sakti

Thursday, May 7, 2015


Jakarta - Produk elpiji 3 kg merupakan barang yang disubsidi negara, sayangnya elpiji melon ini bebas digunakan termasuk oleh orang kaya sehingga tidak tepat sasaran yang seharusnya untuk masyarakat kecil atau miskin. Untuk itu pemerintah berencana mengalihkan subsidi harga elpiji ke Kartu Keluarga Sejahtera alias 'kartu sakti'.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, elpiji 3 kg selama ini sebagian tidak tepat sasaran, karena disparitas harga antara elpiji 3 kg dengan elpiji 12 kg yang tidak subsidi terlalu lebar.

Saat ini harga elpiji 3 kg di masyarakat dijual sekitar Rp 16.000-20.000 per tabung, sedangkan elpiji 12 kg sekitar Rp 150.000 per tabung. Bahkan elpiji 3 kg sering disuntik ke tabung elpiji 12 kg oleh pedagang nakal karena lebih menguntungkan.

"Selama ada disparitas harga akan selalu ada kebocoran dan lain-lain. Solusi yang permanen pertama, harganya harus jadi tunggal, artinya tidak ada subsidi. Tapi subsidi elpiji dialihkan ke masyarakat yang tidak mampu melalui kartu itu (kartu sakti). Kalau kartu-kartu ini selesai didistribusikan ke rakyat baru bisa diterapkan, itu memang memakan waktu," kata Sudirman Said ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Kamis (7/5/2015).

Sudirman mengatakan, untuk mematangkan rencana pengalihan subsidi elpiji ke kartu sakti, ia akan segera bertemu dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat.

"Minggu depan akan ketemu Mensos (Menteri Sosial) untuk jajaki platform jalur distribusi yang dipakai apakah melalui Kartu Keluarga Sejahtera atau Kartu Indonesia Pintar," ucapnya.

Ia menambahkan, agar masyarakat bisa menikmati bahan bakar gas yang lebih murah, tanpa direpotkan mengganti tabung gas, pemerintah juga terus mempercepat pemasangan jaringan gas bumi ke rumah tangga.

"Ini memang nggak bisa cepat juga. Sehingga kerepotan gotong-gotong elpiji ke warung itu selesai. Saat ini kita sedang mempercepat jaringan gas dari ujung ke ujung dari Jawa ke Sumatera. Sehingga akan lebih banyak masyarakat yang menggunakan gas bumi untuk memasak," tutupnya.


(rrd/hen)

sumber  (m.detik.com)


Selamat datang di era swasembada kartu... gapapa biar dompet makin tebel, tebel sama kartu kartu


Link: http://adf.ly/1GZoPv
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive