SITUS BERITA TERBARU

Beras Plastik Juga Bikin Heboh di Malaysia

Wednesday, May 20, 2015


Kementerian Pertanian dan Agro Berbasis Industri Malaysia akan membantu masyarkat Malaysia mengidentifikasi beras plastik asal Tiongkok.

Menteri Pertanian dan Agro Berbasis Industri Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan pihaknya juga akan membantu Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kementerian Konsumerisme Malaysia di sisi teknis untuk mengidentifikasi beras.

"Kami akan melakukan bagian kita. Sebagai contoh, kita dapat memberikan konsumen petunjuk tentang cara untuk membedakan antara beras palsu dan asli," katanya seperti dikutip dari Asiaone.com, Selasa (19/5/2015).

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumerisme Malaysia Datuk Seri Hasan Malek baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan masuknya beras plastik ke Malaysia.(Asiaone.com)
sumber  (www.tribunnews.com)

dari KOMPAS:

Beras yang berbahan plastik diduga telah beredar di beberapa negara Asia. Beras palsu itu tetap keras meski sudah dimasak.

Disebutkan, beras plastik itu terbuat dari kentang yang dicampur dengan plastik sintetis, kemudian diaduk sehingga bentuknya menyerupai beras asli. Dilaporkan The Straits Times, beras itu kini beredar di negara yang berpenduduk banyak seperti Indonesia, Vietnam, dan India. Bahkan, dilaporkan juga, beras tersebut sudah masuk ke Singapura meski kemudian dibantah oleh pemerintahnya.

Pakar kesehatan sudah memperingatkan bahaya dari beras plastik tersebut yang dapat mengakibatkan rusaknya pencernaan hingga merusak jaringan.

Dikabarkan, beras plastik tersebut sudah dijual di pasar Tiongkok.

Pemerintah Malaysia pun bereaksi terkait beras plastik tersebut. Dikatakan, beras plastik bisa masuk melalui jalur penyelundupan karena sulit membedakan beras asli dengan beras plastik.

Pemalsuan makanan adalah masalah serius yang harus ditanggulangi. Sebanyak 300.000 orang jatuh sakit dan enam anak balita meninggal dunia setelah mengonsumsi beras tersebut pada 2008 di Tiongkok. Selain itu, di Tiongkok, juga ditemukan adanya telur yang berbahan baku plastik
sumber  (internasional.kompas.com)

ternyata yang ketepu udah banyak gan ngakak.gif

Gue heran, isu ini kan udah ada dari 4 tahun lalu, tapi kok baru ribut sekarang ya, apa karena memang tidak ada tindakan Preventif? Kehujanan dulu baru beli payung bingungs.gif

WUCHANG RICE SCANDAL

0.jpg

Link: http://adf.ly/1HT3K4
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive