SITUS BERITA TERBARU

Malaysia dan Indonesia Akhirnya Bersedia Tampung Pengungsi

Wednesday, May 20, 2015
Quote: Malaysia dan Indonesia Akhirnya Bersedia Tampung Pengungsi


400788_620.jpg

Kuala Lumpur - Indonesia dan Malaysia sepakat untuk menyediakan tempat penampungan sementara bagi ribuan pengungsi Rohingnya dan Bangladesh setelah kedua negara anggota ASEAN ini menolak kehadiran para pengungsi di wilayah mereka.

Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman mengatakan, kesepakatan itu diambil dalam pertemuan dengan rekannya Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Retno Marsudi di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 20 Mei 2015.


Dalam pertemuan itu, Malaysia, Indonesia, dan Thailand bertemu untuk membahas penanganan ribuan pengungsi dari Myanmar dan Bangladesh.


"Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada 7 ribu imigran gelap di laut," kata Anifah kepada wartawan.


Thailand tidak ikut membuat kesepakatan dengan Malaysia dan Indonesia karena Thailand sudah lebih dulu menampung puluhan ribu pengungsi lainnya dari Myanmar.

Para pengungsi akan tinggal di tempat penampungan sementara itu selama satu tahun. Namun Anifah tidak menjelaskan apakah para pengungsi masih akan diterima jika tidak ada kerjasama dari komunitas internasional.

Selain itu, jumlah pengungsi yang disebut mencapai 7 ribu orang berbeda dengan laporan Badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR) yang menyebut jumlah pengungsi sekitar 4 ribu orang dan saat ini mereka terdampar di laut.

Selain mengumumkan perubahan sikap dari menolak menjadi membuka pintu untuk para pengungsi, Malaysia dan Indonesia juga mengundang negara-negara lain di kawasan tersebut untuk memberikan tempat bagi para pengungsi.

Untuk membahas nasib para pengungsi asal Myanmar, Anifah berencana akan berkunjung ke Myanmar. Para pengungsi Rohingya meninggalkan Myanmar karena mereka tidak diterima di negara itu .


Sementara pemerintah Myanmar mengatakan siap memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang menderita di tengah laut.

SUMBER.....  (dunia.tempo.co)

Menurut gue, yang patut disalahkan dalam masalah Rohingya adalah Myanmar, Myanmar sepatutnya menerima suku Rohingya jangan malah menyiksanya dengan tidak mengakuinya, mereka semua kan tetap manusia yang perlu tempat tinggal!!!!!

Link: http://adf.ly/1HT3Jx
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive