SITUS BERITA TERBARU

Beras Plastik Sudah Sejak 4 Tahun Lalu Diproduksi di Taiyuan

Wednesday, May 20, 2015
061844_berasplastik.jpg
Foto: Getty Images

Setelah skandal susu bayi dengan campuran bahan melamin, Tiongkok kembali mendapat perhatian di tahun 2011 karena memasarkan beras plastik. Beras sintetis ini dibuat dengan bahan-bahan nonberas dan resin sintetis yang sulit dicerna.

Terungkapnya kasus beras plastik di kawasan Bantargebang Bekasi (13/05) menunjukkan sdikit bukti bahwa beras plastic sudah beredar di Indonesia. Padahal kasus ini menjadi perhatian pada tahun 2011.

Menurut Weekly Hongkong (2/11/2011) beras plastik ini dijual di Taiyuan, Tiongkok di propinsi Shaanxi. Bahan pembuatnya terdiri dari kentang, ubi jalar dan resin sintetis yang dipakai dalam industri. Karenanya beras plastik ini jika dimasak akan tetap sulit dicerna.

Ongkos produksi yang rendah dan harga yang murah atau keuntungan yang besar menjadi alasan untuk memproduksi beras plastik ini.

Menurut Chinese Restaurant Association, menyantap 3 mangkuk nasi dari beras ini akan sama dengan makan satu buah kantong plastik besar. Penyidikan kasus inipun sudah dilakukan pemerintah setempat pada saat itu.

Tiongkok memang dikenal sangat buruk dalam hal keamanan pangan. Kasus susu bayi bercampur melamin yang terjadi juga memakan korban 6 orang baya dan lebih dari 300 ribu bayi mengalami gangguan fungsi ginjal.

Pada bulan Juli 2010, Global Times melaporkan perusahaan di Xian, Saanxi terlibat kasus penambahan perasa pada beras agar bisa dijual dengan harga mahal. Beras mahal palsu ini dikenal dengan merk 'Wuchang rice'.

Meski pelaku sudah mendapat ancaman hukuman penjara yang berat namun kasus keamanan pangan masih terus terjadi.

Sumber: http://food.detik.com/read/2015/05/2...ksi-di-taiyuan

Link: http://adf.ly/1HSVoB
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive