SITUS BERITA TERBARU

Bagaimana Pesawat Siluman Bisa Menghilang

Tuesday, May 19, 2015
pesawat-siluman-China-635x350.jpg

Mungkin anda sering bertanya kenapa bisa pesawat tidak tertangkap radar alias hilang begitu saja. Salah satu contoh film yang menggambarkan kecanggihan pesawat siluman ada dalam film " behind enemy line ". Dalam film ini terdapat aksi yang menggunakan salah satu pesawat siluman F-117 dimana pesawat siluman ini hilang dari tangkapan radar dan sukses melakukan sabotase terhadap pertahanan lawan.

Perkembangan teknologi pesawat siluman terus berkembang, saat ini hanya sedikit negara maju yang memiliki teknologi siluman. Teknologi pesawat siluman adalah salah satu faktor pendukung kemengan dalam menjalankan misi. Misi dalam suatu tugas merupakan hal penting tapi lebih penting lagi menjaga keselamatan pilot keberhasilnya dalam menyelsaikan tugas.

Teknologi siluman pun mulai dikaji oleh Indonesia, banyak riset yang dilakukan oleh para ilmuan Indonesia untuk memperoleh teknologi siluman ini. Salah satu penerapannya yang dilakukan pemerintah Indonesia yaitu pada Kapal siluman Indonesia. Namun, Indonesia belum beruntung karena kapal siluman Indonesia hangus terbakar akibat kesalahan konsleting.
Kapal siluman Indonesia

Kapal-siluman-Indonesia.jpg
Kapal siluman Indonesia

Indonesia juga saat ini tengah mengembangkan pesawat siluman. Pesawat siluman Indonesia ini adalah pesawat yang dikerjakan bersama Korsel dengan sistem TOT. Untuk mencapai teknologi siluman ini Indonesia mengirim insiur dan ilmuannya untuk bekerja sama dengan Korsel. Dan hal ini dalam tahap pengembanga, perkembangan Pesawat siluman Indonesia dan Korsel KFX / IFX dalam proses pekermbangan bersama di Korea Selatan.
ppesawat siluman Indonesia
pesawat-siluman-Indonesia-280x300.jpg
pesawat siluman Indonesia

Untuk saat ini yang telah benar-benar menguasai teknologi siluman adalah Amerika serikat, negara Eropa dan Russia. Negara-negara Asia seperti China dan Korea juga ikut mulai memanasi situasi dengan berusaha memiliki dan menguasai teknologi pesawat siluman untuk tujuan pertahanan diri dan juga jaga-jaga.

Bagaimana Pesawat Siluman Bisa Menghilang ?

Pesawat dapat menghilang dari radar dengan Menggunakan Sistem Stealth (siluman)

Sebelum kemunculan dari pesawat F-35 milik AS yang dikabarkan memiliki teknologi siluman yang canggih, pesawat F-117 merupaka pesawat pendahulu nya yang telah terbukti sebagai pesawat siluman walaupun dalam catatan sejarahnya pesawat siluman F-117 pernah terkena serangan dan rontok oleh pasukan Serbia. Pesawat siluman ini dapat menghindari radar karena memiliki desain yang memiliki minus lekukan sehingga ketika terkena jangkauan radar musuh akan kembali dipantulkan. Pantulan dari pesawat tersebut akan ditangkap oleh monitor radar RCS sebagai dot-dot (titik-titik) kecil. hal ini memungkin pesawat siluman dianggap seperti gerombolan burung dan bukanlah pesawat yang sedang menyelinap.

1.jpeg?w=300
Kemampuand dari pesawat siluman sangat tergantung kepada desain bodi dan teknologi radar yang ada dalam tubuh pesawat tersebut. Makin sedikit pesawat itu mengeluarkan pantulan dari radar musuh maka pesawat makin tidak terlihat di radar dan dapat menjangkau target lebih jauh.

images?q=tbn:ANd9GcRny-n_XYvUfDCGnplCxfq
Cara kerja dari teknologi siluman yang dijelaskan diatas makan terlihat seperti cara kerja Burung Walet

f15_schem_01.jpg?w=300
Cara Kerja bukan Pesawat Siluman

Pesawat tempur F-15 Eagle merupakan salah satu pesawat genarasi ke 4 yang tidak memiliki sistem siluman. Desai dari pesawat F-15 terlihat jauh berbeda dari pesawat siluman F-117 dari desainnya banyak memiliki lekukan-lekukan runcing pada body pesawat sehingga mampu di baca oleh radar dengan baik dan tampak dalam monitor RCS sebagai dot-dot pesawat tempur yang menyusup.

Kesimpulannya, untuk setiap pesawat harus terus dikembangkan agar makin siap dalam pertempuran. Seperti yang telah disebutkan bahwa pesawat F-117 milik AS pun pernah jatuh dengan rudal SAM-3 milik Rusia. Perlu ada perbaikan untuk semua pesawat siluman dan terus melakukna evaluasi.

Pesawat Siluman Buatan Amerika, Rusia dan pesawat siluman China
pesawat-siluman-AS-300x240.jpg
pesawat siluman AS

pesawat siluman AS
pesawat-siluman-Rusia.jpg
pesawat siluman Rusia

pesawat siluman Rusia

pesawat-siluman-China-300x188.jpg
pesawat siluman China

pesawat siluman China
Perbandingan pesawat tempur siluman F-35, J-20 dan PAK FA

Ketiga Pesawat Diatas hampir sama-sama menggunakan 3 metode untuk mencapai 'stealth' yaitu :

  1. Rekayasa desain (shape) seperti bentuk pada pesawat siluman F117.
  2. Rekayasa material (Radar Absorbant Material) seperti pada U2 (generasi awal).
  3. Rekayasa teknologi lainnya : plasma stealth, efek pertama kali muncul di satelit sputnik Rusia, namun untuk pesawat sepertinya masih dirahasiakan.


Perkembangan teknologi makin berkembang, saat ini bukan saja teknologi pesawat yang harus siluman saja yang ingin dicapai tapi juga bagaimana pesawat tersebut mampu tak terlihat oleh kasat mata (seperti bunglon) .

SUMBER : MERAHSATU.COM  (merahsatu.com)

Link: http://adf.ly/1HPJfa
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive