SITUS BERITA TERBARU

Profil Burhan Muhammad, Dubes RI untuk Pakistan

Tuesday, May 19, 2015
JAKARTA – Mendengar kabar Duta Besar (Dubes) RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad, meninggal dunia, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya. Kemlu RI merasa telah kehilangan salah satu diplomat terbaiknya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan bahwa almarhum Dubes Burhan merupakan salah satu diplomat terbaik Kemlu RI. Dubes Burhan Muhammad lahir di Yogyakarta pada 3 Agustus 1957. Ia sebenarnya mengawali kariernya di Badan Intelijen Negara (BIN).

Berita Rekomendasi

Jokowi Berduka Atas Meninggalnya Burhan Muhammad

Indonesia Kehilangan Diplomat Terbaik

Jenazah Dubes Burhan Diterbangkan ke Indonesia Hari Ini

"Setelah lulus dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada pada 1983, Dubes Burhan mulai meniti karier di Badan Intelijen Negara, hingga menduduki jabatan Deputi Luar Negeri dan Deputi Analisa BIN sampai tahun 2012," ungkap Menlu Retno, ketika memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

"Sebelumnya pada 1993, almarhum Dubes Burhan juga telah menyelesaikan program Master Degree-nya di bidang hubungan internasional di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat (AS). Dubes Burhan diangkat menjadi Dubes RI untuk Pakistan sejak menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Pemerintah Pakistan pada 12 November 2012," sambung Menlu Retno.

Sebagaimana diberitakan, sekira pukul 00.50 waktu Singapura, Dubes Burhan menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Singapore Central Hospital. Sebelumnya, Dubes Burhan sempat menjalani perawatan dan operasi luka bakar di Rumah Sakit Burns Centre, Singapura.

Dubes Burhan bersama istrinya, Heri Listyawati, termasuk dalam rombongan duta besar yang ikut dalam helikopter Pakistan untuk kunjungan familiarization dan peresmian proyek pariwisata di wilayah Gilgit atas undangan Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Helikopter tersebut dilaporkan mengalami kecelakaan dan jatuh di wilayah Gilgit, Pakistan. Atas musibah tersebut, Dubes Burhan mengalami luka bakar yang cukup parah, sementara istrinya dilaporkan meninggal dunia.

(hmr)


Sumber : http://m.okezone.com/read/2015/05/19/18/1151831/profil-burhan-muhammad-dubes-ri-untuk-pakistan?utm_source=wp_bt

Link: http://adf.ly/1HPHNy
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive