SITUS BERITA TERBARU

Warga Kendari Temukan Tambang Emas

Sunday, May 10, 2015
Warga Kendari Temukan Tambang Emas

Kendari (ANTARA News) - Warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menemukan tambang emas berlokasi di Kelurahan Alolama Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

Penemuan tambang emas tersebut menghebohkan warga sekitar lokasi itu.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Sultra, Hakku Wahab, mengatakan, di Kendari, Selasa, terkait penemuan emas oleh warga Kendari tersebut, pihaknya langsung menurunkan tim untuk mengambil sampel untuk selanjutnya diperiksa di laboratorium.

"Begitu kita mendengar penemuan tambang emas tersebut, hari ini kami langsung turunkan staf untuk mengambil sampel. Secara kasat mata memang benar adanya, dari hasil dulangan warga bahwa terdapat butiran emas yang bercampur dengan pasir," kata Wahab yang didampingi oleh Kabid Geologi ESDM Sultra, Abdulatif Saleh.

Menurut Hakku Wahab, berdasarkan laporan yang ia terima dari warga yang pertama menemukan tambang emas tersebut, butiran emas yang ditemukan tersebut dari hasil galian sumur bor pada kedalaman 25 meter.

"Warga mencoba mendulang pasir hasil galian sumur bor tersebut dan ternyata diperoleh butiran emas, kemudian butiran emas tersebut diantar dipenjual emas, oleh penjual emas bahwa itu emas asli," katanya.

Ia mengatakan, meskipun hasil uji laboratorium sampel tersebut belum ada hasilnya, namun pihaknya yakin kalau emas itu benar karena berdasarkan struktur formasi batuan yang menyusun lolasi penemuan tambang tersebut memungkinkan bawa di lokasi itu ada emas.

"Di lokasi penemuan tambang emas di Kelurahan Alolama merupakan formasi Meluhu yang disusun oleh berbagai jenis batuan dan jenis mineral lainnya termasuk emas yang bercampur dengan pasir," katanya menjelaskan.

Hakku mengatakan, langkah selanjutnya yang akan dilakukan setelah dilakukan uji laboratorium, maka pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut guna menentukan luas sebaran tambang emas di lokasi itu.

"Selanjutnya akan kita lakukan sosialisasi mengenai dampak yang akan ditumbulkan jika warga memaksa untuk melakukan penambangan emas di lokasi itu. Selain itu, kalaupun harus dilakukan penambangan maka harus ada izin dari pemerintah setempat dalam hal ini pemerintah Kota Kendari," ujarnya.(Ant).

akurat http://antarasultra.com/print/263360...n-tambang-emas

Link: http://adf.ly/1GsTcD
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive