SITUS BERITA TERBARU

Presiden Jokowi akan berikan grasi kepada lima tapol di Papua

Saturday, May 9, 2015
Presiden Joko Widodo ditengarai akan memberikan grasi kepada setidaknya lima tahanan politik di Papua, khususnya yang terkait dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM).
Pemberian grasi itu dilakukan di tengah kunjungan Presiden Jokowi ke Papua. Dikatakan oleh sumber dekat kepresidenan, pengumuman akan dilangsungkan di Lembaga Pemasyarakatan Abepura, Sabtu (09/05) sore waktu setempat.
Sumber istana memastikan kepada BBC bahwa grasi akan diberikan kepada setidaknya 5 orang tahanan politik.
Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan bahwa TNI tak keberatan dengan pembebasan sejumlah tahanan politik Papua.
Berbicara kepada wartawan bersama Kapolri Badrodin Haiti jelang kedatangan Presiden Jokowi, ia menegaskan, "Bagi TNI, sejauh itu berdampak positif bagi perbaikan kondisi keamanan Papua".
Ia mengakui TNI diminta masukan oleh presiden, namun, katanya, "hal itu hanya dipertimbangkan untuk mereka yang perbuatannya tidak disertai kekerasan."
Menjawab pertanyaan BBC mengenai gagasan untuk menjadikan Papua sebagai daerah terbuka sebagaimana wilayah Indonesia lain, Moeldoko mengatakan hal itu masih memerlukan kajian lebih jauh.
Ia beralasan yang dilakukan selama ini, "justru untuk melindungi keamanan warga asing yang datang ke Papua."
Moeldoko menepis ketika dipermasalahkan bahwa yang keberatan bukan saja warga asing melainkan juga warga Papua asli yang merasa didiskriminasi karena diperlakukan berbeda dengan warga wilayah lain di Indonesia.
"Kalau warga Papua tidak masalah. Mereka sama saja dengan warga lain. Tidak ada diskriminasi."
ember : http://www.bbc.co.uk/indonesia/berit...wi_papua_tapol

Presiden Jokowi akan berikan grasi kepada lima tapol di Papua
Jayapura, - Presiden Joko Widodo memberikan grasi kepada 5 tahanan politik (tapol). Kelima tahanan politik ini langsung dibebaskan dari Lapas Klas IIA Abepura, Jayapura.

"Ini adalah upaya sepenuh hati pemerintah dalam rangka untuk menghentikan stigma konflik yang ada di Papua. Kita ingin menciptakan Papua sebagai negeri yang damai," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Lapas Abepura, Sabtu (9/5/2015).

Kelima tapol yang dibebaskan adalah Linus Hiluka, Numbungga, Apotnagolik, Kimanus Wenda dan Yaprai Murib. "Pemberian grasi ini agar dilihat dalam rangka bingkai rekonsiliasi untuk terwujudnya Papua damai," sambung Jokowi.

Jokowi menegaskan kelima tapol mendapatkan grasi setelah melewati kajian menyeluruh. "Bukan dipilih. Ini melalui proses panjang (sejak) bulan Januari," ujarnya.

Dia berharap kelima tapol yang dibebaskan bisa berkontribusi saat berbaur dengan masyarakat. Sebab, pembangunan di Papua harus didukung semua pihak.

"Ya kita ingin semuanya, nantinya, bukan hanya yang 5 ini. Bersama pemerintah membangun Papua bersama-sama dengan cara yang berbeda-beda, berkebun mungkin atau (pegawai) honorer," ujar Jokowi.

ember : http://news.detik.com/read/2015/05/0...t-grasi-jokowi

Link: http://adf.ly/1GmcQf
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive