SITUS BERITA TERBARU

Pernah Foto Bareng Hitler, Pria Ini Mengaku Jadi Mesin Propaganda Nazi

Tuesday, May 12, 2015
Quote: Senin, 11 Mei 2015

thumb_339045_02272711052015_Hitler_3.jpg

RMOL. Seorang mantan model poster Nazi bernama Gerhard Bartels mengaku dirinya hanya digunakan sebagai mesin untuk propaganda Nazi pada masa kejayaannya.

Bartels yang kini telah berusia 84 tahun, untuk pertama kalinya, menceritakan soal bagaimana wajahnya bisa terpampang dalam sejumlah poster Nazi.

Ia menjelaskan bahwa pada saat menjadi model dan berfoto bersama Adolf Hitler, dirinya masih berusia empat tahun. Pada saat itu, orang tuanya memintanya mengenakan pakaian terbaik untuk berfoto dengan Hitler.

"Saya tidak diijinkan untuk bermain dengan anak-anak yang lain pada hari itu karena khawatir pakaian saya kotor," kata Bartels seperti dimuat Daily Mail (Minggu, 10/5).

Pada waktu itu, fotografer pribadi Hitler bernama Heinrich Hoffmann mengambil foto Bartels dan Hitler dalam beberapa pose.

Foto-foto tersebut digunakan untuk mempromosikan kampanye Nazi untuk mengadopsi anak keturunan Arya. Foto itu dipampang dalam sejumlah poster, buku, dan kartu pos Nazi.

Bartels menjelaskan bahwa ia bisa berfoto bersama Hitler karena pamannya, yakni Isidor Weiss, merupakan sersan Hitler selama Perang Dunia Pertama.

Hitler juga merupakan pengunjung tetap hotel Bavarian Weiss, yang terletak di sebelah Wisma Alpenhof. Wisma tersebut merupakan milik orang tua Bartels.

"Hitler adalah seorang gangster, Nazi menggunakan saya untuk tujuan propaganda. Saya digunakan untuk menunjukkan betapa cintanya Hitler pada anak-anak," jelasnya.

"Namun, setiap diktator selalu melakukan hal yang sama, sejak Mussolini hingga Stalin. Saya juga dipilih karena saya ditampilkan sebagai anak Arya yang baik seperti yang dibayangkan Hitler," sambung Bartels.

Foto itu sendiri diambil pada tahun 1936, tahun di mana Jerman secara ilegal menduduki kembali Rhineland. [mel]

Sumber  (dunia.rmol.co)

baru berani cerita sekarang...

Link: http://adf.ly/1Gxwkp
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive