SITUS BERITA TERBARU

Pagi Ini, Ahok Resmikan Prasasti Mei 1998

Wednesday, May 13, 2015
Pagi Ini, Ahok Resmikan Prasasti Mei 1998

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hari ini, Rabu, 13 Mei 2015, akan meresmikan Prasasti Mei '98. Prasasti ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengenang para korban tragedi berdarah yang terjadi 17 tahun silam tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Tempo dari Komisi Nasional Perempuan, Ahok akan meresmikan prasasti yang dibangun di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon itu pagi ini. Peresmian itu dilakukan sekaligus untuk memperingati tragedi berdarah yang menjadi penanda runtuhnya rezim Orde Baru.

Dalam peringatan tahun lalu, Ahok meletakkan batu pertama prasasti itu. Saat itu Ahok masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kala itu Ahok berkata, ""Aktivitas (peringatan) ini harus terus-menerus dilakukan. Gunanya, agar peristiwa sejarah ini tidak begitu saja dilupakan."

Pembangunan prasasti dilakukan di Pondok Ranggon karena di TPU itu ribuan jenazah korban tragedi 1998 yang tidak teridentifikasi dimakamkan. Di nisan makam jenazah tersebut tertulis "Korban Tragedi Mei 1998".

Komnas Perempuan mengungkapkan, pembangunan prasasti ini adalah bentuk tanggung jawab negara untuk merawat ingatan publik dan memulihkan korban. "Serta mencegah sejarah kelam tragedi Mei '98 berulang," kata Ketua Komnas Perempuan Azriana.

sumber: http://www.tempo.co/read/news/2015/0...sasti-Mei-1998

Link: http://adf.ly/1H2qv9
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive