SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Optimistis e-Government akan Mulus dengan SKKL SMPCS

Tuesday, May 12, 2015
Jokowi Optimistis e-Government akan Mulus dengan SKKL SMPCS

MANOKWARI (IndoTelko) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan infrastruktur sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/5) .

SMPCS merupakan pembangunan jaringan serat optik yang menjangkau 8 propinsi dan 34 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia. Propinsi yang dijangkau meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Infrastruktur dengan panjang total 8.722 kilometer itu menghubungkan Kawasan Timur Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia.

Emiten Halo-halo itu mengeluarkan investasi sebesar Rp 3,6 triliun, untuk membangun infrastruktur yang terdiri dari dua paket yaitu paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.

"Saya optimistis dengan kehadiran infrastruktur tulang punggung serat optik SMPCS dari Telkom bisa membuat sistem e-Government (e-Gov) yang tengah dikembangkan dari Indonesia bagian barat, tengah, hingga timur bisa dinikmati secara setara dengan manajemen kontrol yang jelas," kata Presiden Jokowi kala meresmikan SKKL SMPCS milik Telkom di Manokwari, Minggu (10/5).

Diharapkannya, kehadiran infrastruktur ini juga bisa menjadikan seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati layanan internet berkualitas dimana pun. "Saya harapkan layanan Wifi.id corner dan IndiHome milik Telkom bisa dinikmati semua masyarakat Indonesia," tambahnya.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menjelaskan pembangunan infrastruktur ini merupakan bentuk persembahan Telkom dalam membangun Indonesia melalui pemerataan informasi dan komunikasi di seluruh pelosok yang terbentang dari barat hingga ke timur.

Hal ini sejalan dengan Nawa Cita ke-3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

"SMPCS akan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di daerah-daerah yang selama ini belum dilayani secara memadai. Keberadaan SMPCS penting untuk meningkatkan akses broadband untuk semua," tambah Alex.

Alex mengharapkan, dengan adanya infrastruktur SMPCS ini, pemerataan akses komunikasi dan informasi dapat segera terwujud. Kawasan Timur Indonesia yang kaya sumber daya alam dapat mengembangkan potensinya sehingga ini menjadi langkah untuk percepatan pembangunan dan pemerataan ekonomi serta meningkatkan daya saing bangsa dalam rangka menyambut MEA 2015.

SMPCS merupakan bagian dari Id-Ring, salah satu komponen Indonesia Digital Network yang menjadi satu dari tiga program utama perusahaan di tahun 2015.

Melalui IDN, Telkom ingin mengembangkan bisnis digital karena Telkom menyadari untuk menjadi The King of Digital, pembangunan infrastruktur dan penyediaan konektivitas adalah hal yang sangat penting Untuk itu melalui tiga komponen IDN yaitu Id Access, Id Ring dan Id Con, Telkom akan menghadirkan digitalisasi di Indonesia.

Dampak yang langsung dirasakan dari beroperasinya SMPCS ini, sekitar 4,3 juta pelanggan layanan telekomunikasi suara dan data di Maluku dan Papua yang sebelumnya dilayani oleh satelit dengan bandwidth masih terbatas, akan dilayani oleh SKKL dengan kapasitas dan kualitas layanan yang tidak berbeda dengan di Pulau Jawa.(dn)

Semoga jaringan internet semakin merata di indonesia ya gan sampai pelosok-pelosok daerah...

sumber 

Link: http://adf.ly/1GydMf
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive