SITUS BERITA TERBARU

[Jero Minta Bantuan Jokowi & JK] Ditahan KPK, JK Akan Bela Jero Wacik

Wednesday, May 6, 2015
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta bantuan hukum kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), karena ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menanggapi hal tersebut, JK menegaskan akan membela Jero Wacik dalam kasusnya. Namun, JK akan melihat terlebih dulu kasus yang dihadapi politikus Partai Demokrat itu.


JK juga meminta lembaga yang dipimpin Taufiequrachman Ruki bisa membuktikan Jero Wacik bersalah. Namun jika tuduhan tersebut sumir, JK akan membela Jero Wacik di pengadilan.

"Kalau sudah masuk ranah hukum seperti itu tentu kalau memang ada unsur-unsur yang keliru ya kita bela. Dan kalau memang KPK dapat membuktikannya ya tentu dibelanya di pengadilan," ujar JK di Hotel JS Luwansa, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Sebelumnya, mantan Menteri ESDM itu resmi ditahan KPK pada Selasa 5 April 2015 malam. Jero merasa diperlakukan tidak adil atas penahanannya tersebut. Ia pun meminta Presiden Jokowi agar mau membantunya lepas dari jeratan KPK.

Tak hanya kepada Jokowi, ia juga meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk membantunya.

Sekedar informasi, KPK menjerat Jero sebagai tersangka dalam dua kasus. Dia diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) periode 2008-2011 dan Menteri ESDM tahun 2011-2013. Pada kasus di Kemenbudpar, dugaan korupsi yang dilakukan Jero terkait penggunaan anggaran untuk memperkaya diri atau orang lain saat masih menjabat sebagai Menbudpar.

KPK menduga kerugian negara yang disebabkan Jero senilai Rp7 miliar. Selain kasus tersebut, KPK juga menetapkan Jero sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan di Kementerian ESDM. Dalam kasus tersebut, penetapan Jero sebagai tersangka merupakan hasil pengembangan proses penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan di Sekretariat Jenderal ESDM yang menjerat mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno.


http://news.okezone.com/read/2015/05...ela-jero-wacik


Mafia minyak mau dibela sama JK ? kok cerita pemberantasan mafia minyaknya jadi antiklimaks sih

Link: http://adf.ly/1GRucJ
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive