SITUS BERITA TERBARU

Ini Hasil Pertemuan Sultan HB X dengan Adiknya

Sunday, May 10, 2015
Ini Hasil Pertemuan Sultan HB X dengan Adiknya


Ini Hasil Pertemuan Sultan HB X dengan Adiknya

YOGYAKARTA - Adik Sultan HB X, GBPH Prabukusumo mengaku dirinya dan adik-adiknya telah bertemu dengan Sultan HB X perihal sabda raja dan dhawuh dalem.

Menurutnya, ketika ditanya mengenai sabda raja tersebut, Sultan menjelaskan bahwa sabda raja tersebut diucapkan dan dilakukan atas perintah Allah SWT. Oleh karenanya, semua pihak diminta tidak marah, dan tidak mempertanyakannya. Jika tidak percaya, Sultan memerintahkan untuk bertanya kepada yang di atas, sambil menunjuk ke atas.

"Jawaban beliau itu yang tidak bisa diterima oleh nalar. Kepada adik-adiknya yang mempertahankan kebenaran paugeran, apakah itu pantas diucapkan seorang raja? Sekarang terserah masyarakat memaknai ucapan dan tindakan Ngarso Dalem yang seperti itu," tutur Prabukusumo.

Gusti Prabu juga menegaskan, sabda raja tersebut merupakan paugeran ageng namun sudah menyalahi paugeran pokok. Untuk itu, dirinya bersama rayi-rayi dalem lainnya merasa sangat malu dengan hal tersebut, karena Sultan dinilai sudah tidak menghargai paugeran itu sendiri.

"Semoga masyarakat dapat memahami. Kami beserta kakak dan adik-adik ini ingin njejegake jejege paugeran, dudu njejegake jejege kekarepan sing bakal kena bebendhu. Ingat, tahta raja untuk rakyat, bukan untuk kekuasaan dan harta," tandasnya.

SUMBER.....  (news.okezone.com)

Bagaimana akhir dari kisruh di Keraton Ngayogyakata, kita tunggu aja kabar selanjutnya nanti......

Link: http://adf.ly/1GrHmx
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive