SITUS BERITA TERBARU

Ini Alasan Pengungsi Rohingya Menolak Dipulangkan

Sunday, May 17, 2015
Ini Alasan Pengungsi Rohingya Menolak Dipulangkan

Para pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh yang kini ditampung di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kuala Cangkoi, menolak dipulangkan. Bagi mereka, lebih baik mati daripada kembali ke Myanmar.

"Saya tanya kepada mereka, semuanya menolak dipulangkan," kata relawan Hilal Merah, Hilmi Bakar, Ahad (17/5).

Dengan menggunakan sedikit Bahasa Arab dan lebih banyak bahasa isyarat, menurut Hilmi, mereka sambil menangis mengatakan lebih baik mati di tempat penampungan sementara ini.

"Karena bisa dipastikan mereka juga akan mati di sana (Myanmar)," ungkapnya.

Menurut dia, kondisi mereka mulai membaik dan mulai bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Mereka senang karena bisa selamat setelah terombang-ambing di laut selama empat bulan dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Saat ini 583 warga asing di antaranya 240 warga Bangladesh yang bertujuan mencari kerja ke Malaysia terdampar di Aceh Utara. Warga Bangladesh saat ini ditempatkan di kantor imigrasi Lhokseumawe untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Menurut Hilmi, tim dari badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR) masih melakukan pendataan untuk mengidentifikasi mana yang betul-betul pelarian dan pencari kerja. Sementara mereka yang sakit juga tengah menjalani pemulihan, baik kondisi fisik maupun trauma psikis.

Bantuan dari berbagai pihak terus mengalir bagi para pengungsi Muslim Rohingya. Mulai dari pemda, dinas sosial, dinas kesehatan, Palang Merah Indonesia, TNI, Polri serta organisasi non pemerintah lainnya yang terjun menolong mereka.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/na...ak-dipulangkan

Link: http://adf.ly/1HJSVg
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive