SITUS BERITA TERBARU

Gempa Besar Nepal Kedua Memakan Korban 66 Jiwa

Wednesday, May 13, 2015
gempa-nepal-yus_681.jpg

NEPAL – Gempa dasyat kedua di Nepal, Selasa (12/5/2015) menewaskan setidaknya 66 orang, termasuk di beberapa negara tetangga Nepal.

Dari puluhan korban tewas dalam gempa besar kedua berkekuatan 7,3 SR tersebut, sebagian besar ditemukan di desa-desa dan sejumlah kota di sebelah timur Kathmandu. Akibat dua gempa besar di Nepal, total korban tewas telah melampui 8 ribu jiwa.

Laporan jurnalis ACTNews.com, yang juga anggota ACTion Team for Nepal, Bambang Triyono menyatakan gempa juga telah menyebabkan kekacauan lalu lintas, karena adanya longsoran tanah yang menutupi jalan raya.

" Kami terhenti di wilayah Muglin, kira-kira 50 kilometer dari Gorkha karena ada longsoran tebing menutupi jalan menuju Kathmandu. Akibatnya terjadi kemacetan hingga mencapai tiga kilometer," tutur Bambang Triyono beberapa menit pasca terjadi gempa dasyat tersebut.

Kantor ACT di Jakarta mengingatkan Team yang sedang menjalani misi kemanusiaan di Nepal untuk waspada dengan bahaya yang mengancam seiring gempa yang terjadi, yang bisa saja terjadi gempa susulan lagi.

" Bagi anggota Team yang sedang dalam perjalanan dengan kendaraan, kami himbau untuk menghindari tebing, bukit, karena dikhawatirkan terjadi landslide atau longsor," ujar Rudy Purnomo, dari Global Philanthropy Network (GPN)-ACT, Rabu (13/5/2015).

Seperti diberitakan, Nepal kembali dirundung duka ketika gempa dengan magnitudo 7,3 SR mengguncang negeri, kemarin. Korban tewas pun bertambah menjadi lebih dari 8.000 orang pasca gempa dasyat 7,9 pada 25 April. Sementara korban luka mencapai 18.000 orang, baik yang berada di perkotaan maupun pedesaan. (ajm, foto: kompas)
Sumber  (www.act.id)

Link: http://adf.ly/1H1mvA
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive