SITUS BERITA TERBARU

Thailand Dirikan Kamp Sementara untuk Pengungsi Rohingya

Friday, May 15, 2015
Quote: Thailand Dirikan Kamp Sementara untuk Pengungsi Rohingya

398304_620.jpg

Thailand akan mendirikan kamp sementara bagi ratusan Rohingya yang saat ini hidup di dalam perahu di tengah laut setelah diusir oleh aparat keamanan Malaysia dan Indonesia.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan kepada jurnalis kemarin, 14 Mei 2015, tentang rencana mendirikan kamp sementara bagi etnis Rohingya.

Prayut telah memerintahkan pengecekan terhadap dua pulau yang tak berpenghuni di perairan pantai barat di Provinsi Ranong. Dua pulau itu akan digunakan untuk tempat tinggal sementara para migran Rohingya.

Sebelumnya, ada sekitar 300 warga Rohingya yang ditemukan di Pulau Koh Lipe, Provinsi Satun.

Thailand juga telah menampung sekitar 100 ribu Rohingya sebagai bentuk tekanan dari masyarakat internasional untuk terutama mengatasi masalah penyelundupan manusia. "Setiap orang berusaha membuat tempat transit seperti yang kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab. Apakah ini adil?" kata Prayut, seperti dilansir oleh Straits Times, 15 Mei 2015.

Thailand mendesak dunia internasional untuk membantu menyelesaikan masalah membanjirnya migran ke negaranya. Prayut menegaskan masalah masuknya migran ke negaranya menjadi tanggung jawab masyarakat internasional serta bukan semata-mata urusan Thailand.

Untuk membahas cara penyelesaian migran, terutama Rohingya yang dipaksa meninggalkan Myanmar, Thailand akan menggelar pertemuan pada 29 Mei.

Menurut beberapa Rohingya yang ditemui jurnalis di perahu mereka, mereka sudah kehabisan makanan dan air minum. Untuk bertahan hidup, mereka bahkan meminum air seni. Sedikitnya sepuluh orang Rohingya telah tewas di dalam perahu dan jenazahnya dilemparkan ke laut.

"Kami telah dua bulan di laut. Kami mau ke Malaysia, tapi belum bisa," kata seorang warga Rohingya kepada jurnalis AFP.

SUMBER  (www.tempo.co)

tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?

Link: http://adf.ly/1HD2fc
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive