SITUS BERITA TERBARU

Soal Iklan Serobot, idEA: Kami Masih Menolak

Friday, May 15, 2015
Soal Iklan Serobot, idEA: Kami Masih Menolak



JAKARTA (IndoTelko) – Kisruh praktik intrusive advertising (iklan serobot) yang dijalankan operator seluler ternyata hingga sekarang belum menemukan solusi yang menguntungkan bagi pemain di bisnis internet seperti Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

"Hingga sekarang posisi idEA masih menolak praktik iklan serobot itu. Memang, kita nyaris menemukan titik temu dengan salah satu operator yang menjalankan iklan serobot yakni XL Axiata, tetapi kesepakatan gagal karena ada item-item yang dilanggar," ungkap Ketua Umum idEA Daniel Tumiwa kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, hingga sekarang status dari iklan serobot itu di mata idEA sangat dispute.
"Wong, kami tanya ke operator apa itu barangnya, mereka tak bisa jawab. Anda lihat, platform yang katanya sangat seksi dimana bisa menjangkau ratusan juta pelanggan seluler, kenapa tidak ada brand terkenal yang pasang iklan di sana? Ada apa itu," sungutnya.

Sebelumnya, XL Axiata mengungkapkan ada sinyal positif dari penolakan praktik iklan serobot yang telah ditentang sejak tahun lalu oleh pemain internet seperti idEA. (Baca juga: XL dan idEA bahas iklan serobot)

"Kami sudah bertemu dengan idEA beberapa waktu lalu. Sejauh ini baru sebatas Minute of Meeting (MoM), tetapi sudah ada sinyal titik kesepakatan melihat intrusive ads itu," ungkap Head of Mobile Advertising XL Herwinto Chandra Sutantyo kepada IndoTelko kala Media Gathering di Lombok, Maret lalu.

Seperti diketahui, idEA, Asosiasi Digital Indonesia (IDA), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Association of Asia Pacific Advertising Media, dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) menyatakan menolak praktik iklan serobot yang dilakukan Telkomsel dan XL. (Baca juga : Mediasi iklan serobot alot)

Praktik yang ditolak adalah interstitial ads yang menampilkan iklan satu halaman penuh saat masuk ingin mengakses situs dan off-deck ads dimana iklan sisipan diletakkan di bagian atas situs yang akan diakses.(dn)

sumber 

Link: http://adf.ly/1HCwYu
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive