SITUS BERITA TERBARU

Rusia Gelar Parade Militer Terbesar dalam Sejarah

Saturday, May 9, 2015
2237457_20150509063818.jpg
TEMPO.CO,Moskow- Ribuan tentara Rusia berbaris di Red Square dengan tank bergemuruh melalui jalan-jalan serta jet yang membuat kebisingan di udara padaSabtu, 9 Mei 2015 dalam parade militer terbesar Rusia menandai peringatan 70 tahun kemenangan atas Nazi Jerman.

Di antara peralatan militer yang dipamerkan adalah Armata T-14, tank tempur baru pertama Rusia untuk digunakan selama 40 tahun, menyusul ribuan pasukan Rusia dengan seragam Perang Dunia II melintas di bawah langit biru dan sinar matahari cerah Kremlin.

Para veteran perang menyaksikan parade dari tribun. Dada mereka lengkap dengan medali, sementara kerumunan orang berdesakan di sis jalan sekitar Kremlin, bersorak dan berteriak setelah jet tempur melintasi pusat Kota Moskow.

"Hari Kemenangan adalah hari libur paling penting bagi Rusia. Dalam hampir setiap keluarga Rusia, seseorang telah mati berjuang untuk negara ini," kata Alexander Smolkin, pria 43 tahun yang juga mantan pasukan angkatan laut.

Presiden Vladimir Putin menggunakan acara perayaan ulang tahun kali ini untuk membangkitkan rasa patriotisme warganya dan membakar semangat sentimen anti-Barat. Semangat menentang penguasaan Barat itu tersirat dalam pidatonya.

"Prinsip-prinsip dasar kerja sama internasional telah diabaikan selama 10 tahun terakhir. Prinsip-prinsip yang sulit dimenangkan oleh manusia mengikuti krisis perang global," kata Putin kepada barisan tentara yang berdiri di hadapannya.

"Kami telah melihat upaya untuk menciptakan dunia yang unipolar," kata Putin dalam pidatonya, sepertiyang dilansir oleh lamanAsia One, Sabtu, 9 Mei 2015.

Pihak Barat sendiri menuduh parade militer tersebut sebagai unjuk kekuatan oleh Rusia yang ingin menciptakan ancaman militer. Namun Putin dengan tegas membantah tuduhan tersebut dalam pidatonya.

"Saya mendengar beberapa orang mengatakan parade kami adalah tentang menampilkan ancaman militer. Namun parade ini bukan tentang itu. Ini adalah untuk kita orang-orang Rusia. Itu menunjukkan bahwa kita adalah negara yang kuat dan besar," ujar Putin.

Dalam sinyal hubungan yang lebih erat antara Rusia dan Cina, barisanpasukan Cina juga mengambil bagian dalam acara tersebut. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Presiden India, Pranab Mukherje, juga berada di antara mereka yang menonton parade.

Sumber : http://m.tempo.co/read/news/2015/05/...-dalam-sejarah

Wow show of force yg membuat risau cool2.gif

Link: http://adf.ly/1Gm2y7
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive