SITUS BERITA TERBARU

Korupsi Pengkhianat Kepercayaan Publik

Monday, May 18, 2015
Korupsi Pengkhianat Kepercayaan Publik
JAKARTA - Korupsi merupakan suatu pengkhianatan terhadap kepercayaan publik yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Syamsul Anwar.

"Dalam kehidupan riil, bangsa kita sekarang menghadapi satu masalah penyakit sosial yang berat yaitu fenomena korupsi yang dikatakan telah membudaya dalam masyarakat kita," katanya ketika menyampaikan hikmah Isra Miraj di Istana Negara Jakarta, Jumat (15/5) malam.

Korupsi dipandang sebagai kejahatan luar biasa karena korupsi merusak dan bahkan menghancurkan sendi-sendi kehidupan dan moral masyarakat.

Pemberantasan budaya korupsi merupakan upaya pembangunan kehidupan masyarakat yang lebih baik, yakni masyarakat berkeadaban, berkesejahteraan dan berkeadilan.

"Dalam agama Islam, perbuatan korupsi dipandang sebagai perbuatan munkar, makan harta hasil korupsi dinyatakan sebagai makan harta dengan jalan batil yang dilarang keras," kata Syamsul Anwar.

Ia menyebutkan dalam hadits Nabi SAW disebutkan beberapa bentuk lain korupsi seperti memberi hadiah kepada para pejabat yang dilarang Nabi Muhammad SAW.

"Perbuatan menyuap, menerima suap serta perantara keduanya adalah perbuatan yang dilaknat Rasulullah, termasuk perbuatan korupsi adalah melindungi para pelakunya," katanya.

Menurut dia, banyak penyebab terjadinya korupsi antara lain buruknya tata pemerintahan, lemahnya kontrol atas birokrasi, lemahnya sumber daya yang menduduki jabatan publik, gaji yang kurang memadai, lemahnya pengawasan, kurangnya transparansi pengambilan keputusan, ketidakjelasan aturan, kurangnya teladan dari atasan, adanya niat untuk korupsi sebagai dampak dari mahalnya biaya keikutsertaan pemilu dan lainnya.

"Masalah korupsi merupakan masalah multi dimensional dan upaya pemberantasannya harus bersifat multifacet," katanya.

Menurut Syamsul Anwar, agama dapat difungsikan sebagai bagian dari keseluruhan upaya pemberantasan korupsi melalui pengelolaan batin dan kalbu guna mempertinggi kepekaan nurani.

Sumur: http://www.infonitas.com/megapolitan...6#.VVlWQUbMjEY

Emang korupsi menyerngasarakan rakyat, beratas tuntas saja

Link: http://adf.ly/1HLxSH
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive