SITUS BERITA TERBARU

Inilah Tiga Sektor Pemerintahan Jokowi yang Jeblok

Friday, May 15, 2015
Kamis, 14 Mei 2015

Inilah Tiga Sektor Pemerintahan Jokowi yang Jeblok

RMOL. DPP Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) membentuk tim kerja internal yang terdiri dari petani, nelayan, mahasiswa, pekerja industri+maritim, dosen, guru, jurnalis, ibu rumah tangga dan pengusaha untuk memantau dan menguji langsung kinerja Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Alhasil, secara umum, program Kabinet Kerja mayoritas hanya sebatas publikasi dan berjalan secara parsial. Koordinasi kerja antar kementerian dan lembaga kurang sinkron karena tumpang tindih aturan, sehingga program berjalan lambat.

Ketua Umum JAMAN, Iwan Dwi Laksono pun memaparkan beberapa contoh hasil pantauan tim internalnya tersebut. Pada sektor maritim, industri perkapalan dalam negeri di Kepri yang mendekati hancur padahal pemerintah sedang giat bangun tol laut.

Pada sektor pangan, distribusi pupuk bersubsidi tidak berjalan lancar di Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Hal ini disebabkan distribusi di tiga wilayah tersebut masih dikuasai mafia pupuk yang mengalahkan Bulog dan PT Pupuk Indonesia yang ditunjuk sebagai pelaksana penyedia pupuk.

Kemudian di sektor energi, menurut Iwan, tata kelola Migas dinilai kurang bagus untuk menghabisi mafia energi dengan masih dikuasainya Dewan Energi Nasional oleh kelompok lama. Ditambah, belum optimal pembangunan energi alternatif sebagai sumber utama untuk listrik nasional.

"Rumusan ini akan diumumkan dan diberikan kepada Presiden Jokowi dalam waktu dekat ini sebagai bagian dari fungsi kontrol rakyat Indonesia dan organisasi relawan terhadap Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi JK," beber Iwan.

Selanjutnya, jelas Iwan, Presiden Jokowi yang mempunyai hak prerogatif untuk menentukan jajaran pembantunya di pemerintahan untuk dirombak atau memilih di retooling sesuai hasil masukan JAMAN.[wid]

Sumber  (politik.rmol.co)

mantab betul

Link: http://adf.ly/1HCWaE
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive