SITUS BERITA TERBARU

Ini Tujuh Rute LRT yang Mulai Dibangun 2015

Monday, May 18, 2015
VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk merealisasikan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Light Rail Transit (LRT) tahun ini.

Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Senin 18 Mei 2015, Ahok mengatakan, sesuai dengan instruksi presiden, bulan depan diharapkan proyek ini sudah masuk proses lelang.

"Beliau maunya tahun ini sudah harus groundbreaking," kata Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurut Ahok, akan menggandeng perusahaan Jepang untuk pengadaan LRT ini dan perusahaan Tiongkok untuk menggarap infrastruktur di bawah rel. Anggaran yang digunakan untuk membangun infrastruktur proyek ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sementara itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ikut dalam proyek itu akan mengoperasikan LRT dan mendapat keuntungan dari pembelian tiket.

Dia memaparkan, dalam proyek ini, Pemprov DKI Jakarta akan membangun tujuh rute LRT dengan untuk biaya tiap satu rute sekitar Rp7,5 triliun. Depo utama berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ketujuh rute tersebut yaitu, Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km), Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km). Tiap rute akan dilalui 20 rangkaian kereta LRT yang masing-masing bisa mengangkut 628 penumpang.
sumber  (bisnis.news.viva.co.id)


semoga terealisasikan dan bisa terintegrasi dengan transportasi umum lainnya

Link: http://adf.ly/1HMMHd
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive