SITUS BERITA TERBARU

Ini Dia 6 Hoax yang Bikin Heboh Jagat Maya

Sunday, May 10, 2015
Quote: Ini Dia 6 Hoax yang Bikin Heboh Jagat Maya

257704_620.jpg

Internet dan media sosial telah membuat berita palsu mudah tersebar pada pekan ini, dari kabar kematian BB King dan Snowden hingga permen ganja yang membunuh 21 orang. Washington Post melansir sejumlah berita palsu itu dan menunjukkan faktanya pada Jumat, 8 Mei 2015.

Inilah berita-berita palsu itu.

1. Game yang Bikin Anak Hilang

Para orangtua cemas atas kabar tentang seorang remaja yang bermain "Game 72". Seperti namanya, game itu akan membuat pemainnya hilang selama 72 jam. Kabar itu menyebar kemana-mana, dari Facebook dan Yahoo hingga Huffington Post dan CBC Kanada. Polisi Amerika juga mengeluarkan peringatan soal itu. Tapi, Sophie Kleeman melaporkan di Mic bahwa tak ada orang yang sungguh-sungguh memainkan game itu, kecuali seorang gadis 13 tahun di Prancis.

3. Bakteri di Janggut

Sejumlah media online melaporkan bahwa secara ilmiah janggut lelaki lebih kotor dari toilet karena penuh berisi bakteri yang serupa dengan kotoran manusia (ya,.. pup). Padahal, janggut sebenarnya tidak sekotor itu. Kelemahan laporan itu adalah tidak menunjukkan fakta bawa semua hal pasti ada bakterinya. Berita itu juga bukan berdasarkan sebuah riset, tapi hanya pengambilan contoh acak seadanya.

4. Polisi Menembak Pria Berkulit Hitam

Laporan itu disiarkan oleh Fox News, yang mungkin salah paham atas apa yang terjadi. Faktanya, polisi menahan seorang pria bersenjata dalam sebuah unjuk rasa di Baltimore pekan ini. Tapi, itu tak membuat ratusan orang mencuit ulang "berita" dari Fox. Bahkan seorang warga Memphis menyebar foto kerusuhan Venezuela yang diklaimnya sebagai foto dari Baltimore, yang disiarkan pula oleh Fox. Fox kemudian meminta maaf dan mengatakan mereka "tidak mengecek foto itu seperti yang seharusnya kami lakukan".

5. Permen Ganja Membunuh 21 Orang

Program antinarkotika kontroversial di Amerika Serikat, D.A.R.E., menerbitkan tulisan di situs web-nya pekan ini: Colorado dan California, sejumlah orang meninggal setelah makan permen ganja. Mereka tampaknya lupa mengecek sumber artikel itu, yakni Topeka News, salah satu pemasok berita palsu favorit. D.A.R.E. menolak berkomentar ketika dihubungi Washington Post.

6. Edward Snowden dan B.B. King Meninggal

Rumor ini berawal dari Twitter. Rumor Snowden dari akun palsu Kementerian Dalam Negeri Rusia dan BB King dari sebuah cuitan dari Greta Van Susteren, wartawan Fox. Yang benar, yang meninggal adalah Ben E. King, bukan BB King.

Hikmahnya, berhati-hatilah bila Anda membaca berita di Internet.

SUMBER  (www.tempo.co)

tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?

Link: http://adf.ly/1GqYwG
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive