SITUS BERITA TERBARU

Artis jadi PSK karena gaya hidup yang hedon dan serakah

Tuesday, May 12, 2015
Merdeka.com - Kasus prostitusi online kembali menggemparkan publik. Kali ini artis yang berinisial AA terjerat kasus saat diciduk di sebuah hotel berbintang lima di Jakarta Selatan. Tidak bisa dipungkiri urusan esek-esek memang mengundang human interest publik apalagi kali ini melibatkan orang terkenal yaitu artis.

Kasus jual diri kini tak lagi dimonopoli orang kecil dengan masalah ekonomi namun artis pun terlibat dalam praktik jual diri. Pendapatan yang tinggi dari pekerjaan entertain ternyata tak jadi jaminan para artis tak terlibat dalam bisnis esek-esek.

Menurut sosiolog Musni Umar yang wakil rektor tiga universitas Ibnu Khaldun, penangkapan artis daam kasus prostitusi online adalah puncak gunung es. Setelah kasus Deudeuh, polisi berhasil mengembangkannya hingga terungkap keterlibatan artis. Kebutuhan yang besar dalam membiayai gaya hidupnya yang mahal membuat mereka menggunakan jalan pintas. Para artis melakoni pekerjaan sampingan sebagai PSK.

"Untuk memenuhi kebutuhannya dalam memenuhi gaya hidupnya yang glamor artis butuh biaya hidup yang besar" kata Musni Umar dalam perbincangan dengan merdeka.com, Minggu (10/5).

"Sangat disayangkan adanya keterlibatan artis dalam prostitusi online karena seharusnya pendapatan mereka berlebih," tambahnya.

Sebagai publik figur apa yang dilakukan artis cenderung akan diikuti penggemarnya. Hal ini bisa menimbulkan mindset kalau mau kaya tak perlu jadi orang pintar. Cukup dengan masuk entertain dan menjual diri dengan kemolekan tubuhnya.

Menurut Musni Umar, berdasarkan fenomena ini bisa disimpulkan prostitusi memiliki dua motif. Motif itu adalah prostitution by need dan prostitution by greed. Prostitution by need adalah prostitusi pada umumnya yang melibatkan faktor ekonomi demi menafkahi keluarga. Sedangkan prostitution by greed karena keserakahan pelakunya. Prostitusion by greed inilah yang dilakukan para artis. Artis menjadi pelaku prostitusi karena untuk membiayai gaya hidupnya yang hedon.

"Prostitusi yang dilakukan artis masuk kategori prostitusion by greed karena digunakan untuk membiayai gaya hidupnya yang mewah," tutur Musni.

Kasus prostitusi hukumannya memang terlalu ringan karena tak jarang pelakunya lepas dari hukuman. Dengan hukuman yang ringan tak akan menimbulkan efek jera pada pelakunya.

Melihat kasus yang terkait moral kita bisa mengambil contoh kasus video porno Ariel. Pada kasus itu Ariel hanya dijatuhi hukuman beberapa tahun sedangkan Luna Maya dan Cut Tari bebas.

"Selain sanksi hukum seharusnya mereka mendapatkan sanksi sosial misalnya diekspose namanya di media," ucap Musni Umar.

"Namun hal itu terbentur azaz praduga tak bersalah yang mengharuskan penegak hukum hanya memberikan inisialnya saja. Padahal sanksi sosial jauh lebih efektif daripada sanksi kurungan," tambahnya.


sumber: http://m.merdeka.com/peristiwa/artis-jadi-psk-karena-gaya-hidup-yang-hedon-dan-serakah.html



koment: mangka nya kalo hidup itu yang sederhana dan bersahaja aja... kalo nama nya di ungkap mah malah tambah bikin malu keluarga besar nya si artis itu...


Link: http://adf.ly/1GyuQg
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive