SITUS BERITA TERBARU

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Friday, April 24, 2015
Tingginya angka kematian ibu melahirkan di ibu kota membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat prihatin. Karena itu, orang nomor dua di Jakarta itu meminta pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) sebagai garda terdepan dalam masalah kesehatan berperan aktif dalam menekan angka kematian ibu melahirkan.

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Dikatakan Djarot, saat ini angka kematian ibu melahirkan mencapai 200 orang per 100 ribu kelahiran. Meski angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan angka nasional, namun mantan Walikota Blitar itu menilai jumlah tersebut masih tergolong tinggi untuk suatu provinsi.

Djarot berharap angka kematian ibu melahirkan bisa ditekan hingga diangka 150 orang per 100 ribu kelahiran. "Angka kematian ibu melahirkan di Jakarta masih tergolong tinggi. Kita tergetkan bisa di bawah 150 orang per 100 ribu jiwa," kata Djarot, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Kelurahan Joglo II, Jumat (24/4).

Menurutnya, setiap puskesmas harus bisa mengetahui jumlah ibu yang sedang mengandung di wilayahnya. Sehingga bisa terus dipantau perkembangannya. "Puskesmas harus tahu berapa ibu hamil. Dari situ diketahui mana yang punya risiko tinggi. Itu harus ada skala prioritas, dilihat dari usia, jumlah anak, dan penyakit," ucapnya.

Ke depan, Pemprov DKI Jakarta juga berencana menempatkan perawat di setiap RW untuk menjaga kesehatan warga di ibu kota. Saat ini, rencana tersebut sedang dikaji oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Kami juga nanti ada program masing-masing RW ada satu perawat. Kami tempatkan di setiap RW," ujarnya.

Kepala Puskesmas Kelurahan Joglo II, Nikmah, mengaku siap melaksanakan instruksi wakil gubernur. Dikatakannya, selama ini belum ada kasus ibu meninggal saat melahirkan di wilayahnya. Hal ini dikarenakan petugasnya rutin turun ke lapangan secara bergantian untuk memantau kesehatan warga. "Alhamdulillah, selama ini tidak ada kasus ibu meninggal saat melahirkan," ucap Nikmah.

Sumber: http://beritajakarta.com/read/9977/A...i#.VTor2iHtmko

Link: http://adf.ly/1FkFbV
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive