SITUS BERITA TERBARU

Pemimpin Tinggi Serikat Buruh Dunia Hadiri May Day di Jakarta

Thursday, April 30, 2015
Pemimpin Tinggi Serikat Buruh Dunia Hadiri May Day di Jakarta
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Internasional Sharan Burrow akan menghadiri perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day Jumat esok (1/5) di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Ia dijadwalkan memberikan pidato peringatan May Day di depan ribuan buruh yang hadir.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal, Sharan adalah pimpinan tertinggi serikat buruh dunia saat ini. "Beliau sangat antusias untuk datang ke Indonesia," kata Said kepada CNN Indonesia, Kamis (30/4).

Peringatan May Day di GBK diperkirakan akan dihadiri 100 ribu buruh dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan beberapa daerah lain di sekitar ibu kota.

Sharan sudah tiba di Jakarta hari ini. Rencananya hari ini dia akan mengisi sebuah acara diskusi bersama buruh di Jakarta.

Untuk acara May Day besok, selain peringatan di GBK, aliansi buruh akan menggelar aksi di depan Istana Negara. Berbagai tuntutan akan dibacakan di depan Istana, dari mulai penolakan upah murah, penerapan jaminan pensiun untuk buruh, hingga penolakan sistem kerja outsourcing.

Selain itu, buruh menolak kenaikan harga bahan bakar minyak, elpiji serta kenaikan harga tarif listrik serta harga kebutuhan pokok.

Selain di DKI Jakarta, aksi besar buruh menurut Iqbal juga digelar di 30 provinsi dan 250 kota/kabupaten. Untuk aksi berskala besar akan digelar di Surabaya, Jawa Timur dan Batam, Kepulauan Riau.

"Di Surabaya dipusatkan di Gedung Grahadi sekitar 50 ribu orang dan di Batam ada sekitar 20 ribu orang," katanya.

Aksi buruh ini sudah diberitahukan kepada Kepolisian. Iqbal yakin tak ada pelarangan aksi May Day selama bisa menjaga ketertiban dan keamanan. Apalagi menurutnya sudah ada jaminan dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti soal tidak adanya pelarangan aksi buruh.

"Kamis sudah bertemu Kapolri dan pejabat utama Polri, Kapolri mempersilakan aksi May Day selama menjaga ketertiban," ujar Iqbal.

SUMBER 

ternyata buruh juga ada pemimpin tertinggi juga ya

Link: http://adf.ly/1G5c4A
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive