SITUS BERITA TERBARU

Peringatan Foke ke Jokowi Persoalan Lama

Monday, August 26, 2013
Quote:Peringatan Foke ke Jokowi Persoalan Lama


[imagetag]

JAKARTA - Peringatan yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke pada penerusnya Gubernur Joko Widodo bahwa Ibu Kota akan tenggelam merupakan isu lama yang telah dilakukan kajian oleh para ahli.

"Itu isu lama, para ahli ITB melakukan penelitian. Dimana dalam 10
tahun pertama wilayah Penjairangan, Jakarta Utara dan sekitarnya itu akan diperediksi tenggelam. Dan 20 tahun kedua, akan meluas ke daerah yang lain," kata pengamat perkotaan Rudy Parluhutan Tambunan, Minggu (25/8/2013).

Perkiraan itu, kata dia, berdasar para ahli melihat iklim
global yang semakin ekstrim. "Dimana ketika 1 derajat suhu naik saja, maka ketinggian air laut naik sampai beberapa meter," ujarnya.

Rudy mengatakan, pemerintah tengah menjalankan adaptasi dari pemukiman agar mengurangi gas rumah kaca. "Itu sudah terus berjalan sekarang. Selain itu, juga membangun Giant Sea Wall dan reklamasi pulau untuk membendung ketinggian air laut yang akan menerjang daratan," terangnya.

Dalam Rancangan Pembangunan Jangka Mengengah Daerah (RPMJD) DKI sendiri, pemabngunan Giant Sea Wall atau tenggul raksasa dan juga reklamasi pulau, memang menjadi rencana tersendiri.

"Tapi yang saya catat, ini harus ada inisiasi dengan pusat. Karena masalah ini bukan hanya punya daerah saja, artinya Kemen PU harus punya andil dalam proyek tersebut, bukan hanya DKI saja," tuturnya.

Sebelumnya, Foke memberikan peringatan kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Mantan orang nomor satu di Jakarta ini mengatakan bahwa Jakarta sudah berada dalam 20 kota besar, yang akan tenggelam karena banjir bila tidak ada langkah kongkrit untuk mengantisipasinya.

Foke juga melemparkan sejumlah kritikan yang dialamatkan untuk Jokowi, terkait dampak urbanisasi setelah hari raya dan volume kendaraan bermotor yang kian hari semakin meningkat, hal ini dibutuhkan perhatian yang sangat serius.

SUMBER.....


Jangan cuma memperingakan aja dong!, tapi beri saran yang bagus bagaimana jalan pemecahan persoalan banjir di Jakarta!!!!!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive