SITUS BERITA TERBARU

Pesawat R80 Bakal Dikembangkan Lebih Hebat dari Pesawat N250

Saturday, August 31, 2013
[imagetag]

Mantan Presiden BJ Habibie mengatakan pesawat Regio Prop 80 (R80) yang diproduksi PT Ragio Aviasi Industri (RAI) dalam tahap pembuatan awal dan dikembangkan lebih hebat dari pesawat N250.

"Kita buat lebih hebat. It`s a surprise, you`ll see it, ok (Ini adalah kejutan, kamu akan melihatnya, ok)," kata Habibie usai berpidato di Rakornas Riset dan Teknologi (Rakornas Ristek) di Jakarta. Menurutnya pesawat R80 yang akan dibuat berdaya tampung 80 kursi dan ditargetkan mengangkasa di tahun 2018 ini akan memanfaatkan pengalaman saat membuat pesawat N250.

Sementara itu menurut Komisaris PT RAI, Ilham A. Habibie, Regio Prop 80 merupakan The Next N250 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara Indonesia. Menurutnya, saat ini pembuatan R80 masih dalam tahap pembuatan awal atau 10 persen. Kemampuan, desain, dan teknologi pesawat ini mirip N250, meski dari segi ukuran akan lebih besar dan panjang.

Ia juga menjelaskan Pesawat R80, tetap menggunakan baling-baling di bagian atas badan pesawat sebagai penggerak pesawat seperti N250. Dengan menggunakan baling-baling maka konsumsi bahan bakar akan jauh lebih irit.

Selain itu pesawat ini juga didesain untuk jarak tempuh kurang dari 600 km, karena itu dapat dipastikan akan semakin irit bahan bakar. Sedangkan untuk produksi tahap awal diperlukan dana sebesar 400 juta dolar AS.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive