SITUS BERITA TERBARU

Rilis Laporan Serangan Kimia Suriah, AS Janji Kasus Irak Tak Akan Terulang

Saturday, August 31, 2013
Pemerintah Amerika Serikat merilis laporan intelijen AS mengenai serangan kimia di Suriah yang disebutkan menewaskan 1.429 orang termasuk, setidaknya 426 anak-anak.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS John Kerry menegaskan, pemerintah AS telah melakukan pengkajian yang seksama sebelum menyimpulkan bahwa serangan kimia memang telah dilakukan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kerry pun menegaskan, pengalaman seperti kasus Irak tak akan terulang.

"Komunitas intelijen kami telah mengkaji dan mengkaji ulang dengan seksama informasi menyangkut serangan ini," kata Kerry seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (31/8/2013).

"Itu telah dilakukan jauh lebih berhati-hati daripada pengalaman Irak. Kami tak akan mengulangi momen itu," tandasnya.

Seperti diketahui, invasi AS dan sekutu ke Irak beberapa tahun silam dilakukan dengan dalih kepemilikan senjata pemusnah massal oleh rezim Saddam Hussein. Saat itu, intelijen AS meyakini rezim Saddam memiliki senjata tersebut. Namun kemudian terbukti bahwa senjata tersebut tak pernah ditemukan hingga perang Irak pun berlangsung bertahun-tahun.

Dikatakan Kerry, temuan yang menyimpulkan bahwa rezim Assad bertanggung jawab atas serangan kimia itu adalah sangat jelas.

"Saya tidak meminta Anda untuk percaya kata-kata saya begitu saja, silakan baca sendiri -- semua orang, mereka yang mendengarkan, Anda semua -- bukti-bukti dari ribuan sumber, bukti yang telah tersedia secara publik... yang didapat komunitas intelijen kami mengenai serangan senjata kimia itu," tutur Kerry

link sumber : http://news.detik..com/read/2013/08/...991101mainnews

pingin perang aja pake janji segala. Janji-janji lalu ditinggal pergi, nyari tempat baru buat perang...hmmm...lagu lama
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive