SITUS BERITA TERBARU

Jl Soekarno, Hatta, Soeharto, dan Ali Sadikin Akan Gantikan 4 Jl Medan Merdeka

Friday, August 30, 2013
Jakarta - Tim 17 yang digalang oleh eks Ketua MK Jimly Asshiddiqie dan kawan-kawan berencana mengubah nama empat ruas Jl Medan Merdeka yang merupakan kawasan ring 1 di silang Monas, Jakarta Pusat. Yang dipilih adalah nama tokoh yang dianggap pahlawan.

"Kita fokus tanggal 10 November nanti Jl Medan Merdeka Utara menjadi Jl Bung Karno dan Jl Medan Merdeka Selatan jadi Jl Bung Hatta, Jl Medan Merdeka Barat jadi Jl Soeharto dan Jl Medan Merdaka Timur jadi Jl Ali Sadikin," kata eks Ketua MK yang masuk Tim 17, Jimly Asshiddiqie, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Usulan ini memang belum final. Namun panitia telah menyampaikan secara resmi ke Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

"Panitia akan mengusulkan ke gubernur, gubernur kemudian mengusulkan ke presiden," kata Jimly setelah pertemuan tim 17 tersebut.

Namun pada akhirnya Presiden SBY yang berhak menentukan. Karena ini menyangkut jalan di sekeliling Istana Negara.

"Biasanya penamaan jalan itu cukup lewat gubernur tapi khusus Jl Medan Merdeka harus ada keputusan presiden," ujar Jimly.

Empat Jl Medan Merdeka menjadi lokasi lembaga-lembaga negara. Di Jl Medan Merdeka Utara misalnya terdapat Istana Kepresidenan dan gedung MA. Di Jl Medan Merdeka Selatan terdapat Balai Kota DKI Jakarta. Jl Medan Merdeka Barat terdapat kantor Kemenhan, Kominfo dsb. Jl Medan Merdeka Timur terdapat markas Kostrad.

sumber :
http://news.detik..com/read/2013/08/...erdeka?9911012
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive