SITUS BERITA TERBARU

4 Jalan di Jakarta Akan Diganti, Termasuk Menjadi Jalan Soeharto

Saturday, August 31, 2013
[imagetag]

Panitia 17 mengusulkan penggantian nama jalan-jalan yang mengelilingi komplek Monumen Nasional (Monas), Jakarta, yang sebelumnya Jalan Medan Merdeka Utara, Barat, Timur dan Selatan, menjadi nama-nama pahlawan nasional. Selain Soekarno, Mohamad Hatta, terselip juga nama Soeharto dan Ali Sadikin, mantan Gubernur DKI Jakarta.

Dalam pertemuan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Guburnur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan setuju. Selanjutnya Jokowi akan melayangkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk meminta persetujuan.

"Nanti usulan dari Panitia 17 ini disampaikan ke Gubernur DKI. Kemudian, Gubernur membuat surat dan menyampaikannya kepada Presiden RI," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, usulan ini sungguh baik apalagi dengan mempertimbangkan penghargaan kepada para pahlawan nasional, sekaligus dengan tujuan rekonsiliasi. "Kita ingin membangun sebuah rekonsiliasi melalui nama-nama pahlawan itu, makanya saya setuju dengan usulan ini. Sekarang, rencana ini masih kita matangkan," ujar Jokowi.

Jika rencana ini terlaksana, ia pun menyanggupi saat terjadi perubahan kode pos, kop surat dan lain-lain. "Itu kan konsekuensinya. Rencananya, sosialisasi nama-nama jalan yang baru ini akan mulai kita lakukan bulan depan, September 2013," tegasnya.

Ketua Panitia 17 Jimly Ashidique menerangkan secara rinci, bahwa akan ada perubahan nama alan Medan Merdeka Utara menjadi Jalan Soekarno dan Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi Jalan Mohammad Hatta. Untuk Jalan Soeharto menjadi nama baru dari Jalan Medan Merdeka Barat, sedangkan Jalan Medan Merdeka Timur menjadi Jalan Ali Sadikin.

"Tapi, untuk kedua jalan ini masih kami matangkan rencananya. Ini masih belum keputusan final," ucap Jimly.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive