SITUS BERITA TERBARU

[Akhirnya] 16 Oktober 2013 Jakarta Monorail mulai pembangunan fisik!

Saturday, August 31, 2013
Ortus Holding minta restu ke Jokowi bangun monorail Oktober

Reporter : Nurul Julaikah

Pemilik Ortus Holding, Edward Soerjawidjaja menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Kedatangan Edward untuk melaporkan bahwa perusahaannya telah melengkapi dokumen yang diminta PT Jakarta Monorail.

"Selesaikan proses kelengkapan dokumen. Tinggal minta doa restu untuk melakukan pembangunan fisik," ujar Edward di Balai Kota Jakarta, Rabu (28/8).

Rencananya, pembangunan akan dimulai 16 Oktober dan langsung groundbreaking. Pembangunan fisik tersebut untuk dua stasiun. "Pembangunan teknis itu perlu integrasi. Kemungkinan besar di Tanah abang. Kita lagi negosiasi deponya di mana," jelasnya.

Untuk anggaran, ia mengaku sudah cukup sehat secara finansial. Namun, melemahnya nilai rupiah terhadap mata uang asing cukup berpengaruh. "Ada pengaruh anjloknya rupiah tapi secara sentimen, bukan secara fundamental," ucapnya.

Edward menjelaskan, untuk keretanya didatangkan dari China, teknologi dari Jepang, sedangkan sistem integrasi dari Singapura dan Jerman. Ia mengaku tidak mau menggunakan peralatan dari dalam negeri karena belum teruji. Hal ini berbeda dengan Adhi Karya lebih memilih memakai kereta buatan PT. INKA untuk monorail.

"Kalau mau gunakan lokal ya mesti teruji. Angkut 5.000 orang setiap hari harus teruji. Kalau uang ini kita sendiri, cash ya enggak masalah," jelasnya.

Sumber : http://m.merdeka.com/jakarta/ortus-holding-minta-restu-ke-jokowi-bangun-monorail-oktober.html

Ini adalah Ancaman untuk PT. Jakarta Monorail jika 16 Oktober 2013 belum dibangun juga -->

Jakarta - Pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta telah memberikan izin resmi kepada PT Jakarta Monorail untuk membangun monorel Jakarta, dengan membangun kembali tiang-tiang yang telah lama terbengkalai. Jakarta Monorail diberi waktu untuk memulai proyek pada Oktober 2013.

Rute monorel yang akan dibangun ini adalah rute green line dan blue line. Proyek ini harus dimulai pada Oktober 2013.

"Itu akan groundbreaking bulan Oktober untuk tahap 1," ucap Deputi Bidang Prasarana dan Sarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy Supriyatna di Jakarta seperti dikutip Jumat (9/8/2013).

Pembangunan monorel ini murni dikembangkan oleh investor swasta. Tidak ada sumber pendanaan dari pemerintah daerah dan pusat. Namun pihak investor dan kontraktor wajib mendiskusikan besaran tiket dengan Pemprov DKI.

Dedy menjelaskan, untuk rute green line pengembangan akan dimulai tahun ini dan selesai tahun 2016, sementara jalur blue line dimulai tahun 2014 dan selesai tahun 2018.

"Tahap I, untuk green line memerlukan investasi Rp 5,5 triliun, dan blue line sampai Rp 4,5 trilun. Itu totalnya Rp 10 triliun," tambahnya.

Bila Oktober 2013 proyek monorel yang dikembangkan oleh Jakarta Monorail ini tidak dimulai-mulai, pemerintah akan mencabut izin penugasan kepada Jakarta Monorail.

"Oktober nggak jadi berarti batal. Itu batas akhir bulan September, itu serahkan kelengkapan dokumen dari Jakarta Monorail. Kalau nggak dimulai, dicabut izinnya," tegas Dedy.

Sumber : http://m.detik..com/finance/read/2013/08/09/120131/2326123/4/monorel-dki-tak-dibangun-oktober-2013-izin-jakarta-monorail-bakal-dicabut


MOVE JAKARTA MONORAIL !!! [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive