SITUS BERITA TERBARU

[Monopoli] Siaran "Tidak" Gratis Liga Inggris Makin Terkikis

Saturday, August 24, 2013
[imagetag]

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Fans Manchester United di Indonesia berkeluh kesah. Mereka tak bisa menyaksikan laga perdana United melawan Swansea City, pekan lalu, di televisi secara gratis. Begitu juga dengan fans Chelsea, yang harus melewatkan moment kemenangan timnya atas Aston Villa, tengah pekan ini.

Selasa (27/8) dinihari nanti, kedua fans yang memiliki jumlah ribuan di Indonesia ini kembali bakal melewatkan duel big match. Saat itu, United akan menjamu Chelsea di Stadion Old Trafford.

Ya, pada musim 2013/14 ini, pendukung klub-klub papan atas Inggris atau pecinta Premier League harus menerima kenyataan sedikit miris. Jika sebelumnya penggemar sepakbola Indonesia begitu dimanjakan, mulai 2013 siaran langsung secara gratis Liga Inggris mulai terkikis.

Hal ini tak lepas dari hak siar Liga Inggris, dipegang MP & Silva, yang terus melonjak tajam. Jika tahun 2010 lalu MNC Group bisa membelinya dengan harga 39 juta dolar AS, kini MP & Silva menawarkan angka dua kali lipat lebih banyak, 90 juta dolar AS untuk durasi kontrak tiga musim.
Untuk Indonesia, EMTEK Group, Orange TV, dan First Media menjadi pemegang hak siar untuk paket kontrak 2013-2016. Mereka membaginya ke jaringan televisi masing-masing.

EMTEK Group mengerahkan tiga stasiun televisi yang dimilikinya, yaitu Nex Media (berbayar), serta SCTV dan Indosiar (free to air/teresterial). Namun, masing-masing memiliki jatah siaran yang tidak sama.

NexMedia memiliki paket Platinum, merupakan paket yang terlengkap dan menyiarkan 380 pertandingan tiap musim secara live. Namun wilayah langganan Nexmedia hanya terbatas pada Jabodetabek.

Orange TV juga memiliki Paket Platinum selama 2013-2016. Artinya, akan ada 380 pertandingan per musim, atau 10 pertandingan per pekan yang akan ditayangkan. Termasuk pertandingan klub-klub besar dan super big match.

Jangkauan Orange TV telah mencakup cukup banyak area di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

PT First Media Tbk memiliki hak siar Premier league Paket Gold, yang memiliki jatah 4 pertandingan setiap pekan, dan akan ditayangkan oleh dua stasiun televisi berbayar: Big TV (satelit) dan First Media (kabel).
Sementara SCTV dan Indosiar, sebagai televisi yang bisa diakses gratis (teresterial), hanya memilikihak siar EPL paket Silver. Jatah pertandingan untuk paket silver adalah 76 laga dalam semusim. Artinya, hanya ada dua pertandingan yang disiarkan setiap pekan.

Indosiar dijadwalkan menyiarkan pertandingan hari Sabtu pukul 21.30 WIB, sedangkan SCTV untuk pertandingan hari Minggu pukul 22.30 WIB. Tak ada pertandingan tengah pekan.

Selain itu, Paket Silver juga dibatasi hanya menayangkan pertandingan kelas menengah. Jadi bisa dipastikan bahwa Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan duo Manchester tidak akan selalu hadir tiap pekan di televisi tak berbayar.

Jangan heran jika pada Sabtu (24/8) malam ini, laga yang disiarkan Indosiar adalah pertandingan antara Newcastle United vs West Ham United. Untuk bisa menyaksikan laga-laga besar, pecinta Premier League mau tak mau harus berlangganan televisi berbayar.

Sumber

Sekarang Nonton bola hanya untuk golongan yang mampu [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive