SITUS BERITA TERBARU

[Menarik] Pendapatan anggota diaspora Indonesia lebih tinggi ketimbang AS

Monday, August 19, 2013
[imagetag]
Diaspora Indonesia di Brazil


Pendapatan anggota Jejaring Diaspora Indonesia (IDN) di Amerika Serikat rata-rata mencapai USD 59 ribu, lebih tinggi ketimbang anggota diaspora negara Paman Sam tersebut yang sebesar USD 49 ribu. Ini dinilai menjadi potensi besar untuk memajukan perekonomian Indonesia

"Kalau ini kita garap dengan baik, akan tumbuh luar biasa besar. Saat ini telah terbangun kesadaran para diaspora untuk memadukan akses-akses dan peluang yang mereka miliki dengan akses-akses dan peluang yg ada di tanah air," ujar Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Jalal saat acara "Diaspora Indonesia" di Jakarta, Minggu (18/8).

IDN adalah sebuah komunitas Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang dibentuk di Amerika Serikat pada 2012. Ada tiga kategori diaspora Indonesia yang dikenal yakni WNI yang bekerja di luar negeri, orang Indonesia keturunan atau yang bukan lagi warga negara Indonesia dan orang-orang yang mencintai Indonesia walaupun bukan WNI dan tidak punya keturunan Indonesia.

Diperkirakan, saat ini anggota IDN sudah diatas 8 juta orang tersebar di 56 negara. Efeknya, diaspora Indonesia menduduki peringkat ke-18 dari 280 negara dalam hal penyumbang pemasukan negara.

Sumber : Merdeka

Menarik, Sepertinya kebanyakan anggota diaspora Indonesia adalah orang-orang berduit. Padahal seperti yang kita ketahui, mayoritas WNI diluar negeri adalah pekerja sektor non formal
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive