SITUS BERITA TERBARU

Malaysia Diduga Curi 120.532 Ton Timah Bangka Belitung

Thursday, August 15, 2013
Malaysia Diduga Curi 120.532 Ton Timah Bangka Belitung

Ilustrasi tambang timah di Bangka (sumber: bloomberg)
Dugaan tersebut didasarkan atas data ITRI (International Technologi Research Institute)

Sebanyak 120.532 ton bijih timah di Provinsi Bangka Belitung diduga dirampas pihak asing sejak kurun waktu 2008-2010 atau setara Rp21.696 triliun.

"Kami menduga negara jiran telah menjarah Rp21 triliun melalui aktivitas penambangan ilegal bijih timah di Bangka Belitung," kata Ketua Ikatan karyawan PT Timah (Persero) Tbk (IKT) Wirtsa Firdaus di Jakarta, hari ini.

Dugaan tersebut didasarkan atas data ITRI (International Technologi Research Institute) yang menyebutkan bahwa sejak Tahun 2008 hingga Tahun 2010, Malaysia telah menghasilkan logam timah sebesar 128.000 Ton, sementara produksi bijih timah Malaysia hanya sebesar 7.490 Ton pada kurun waktu yang sama.

Dari data tersebut disimpulkan bahwa ada logam timah sebanyak 120.532 ton yang bahan bakunya (bijih timah/tin ore) berasal dari Indonesia.

Jika diasumsikan harga rata-rata US$20.000 per metric ton dengan kurs Rp9.000 per dolar AS maka nilai tersebut setara dengan Rp21,696 triliun.

Puluhan karyawan PT Timah melakukan aksi damai di Taman Proklamasi sebagai wujud keprihatinan atas berbagai bentuk aksi penjarahan timah sekaligus memperingati hari Kesaktian Pancasila.

"Aksi ini sebagai simbol keprihatinan, sekaligus perlawanan terhadap berbagai bentuk praktik ilegal mining di Bangka Belitung yang diduga telah dibekingi oleh pemodal dari Malaysia," katanya.

Praktik ilegal mining di Bangka Belitung tidak hanya melibatkan masyarakat biasa, bahkan diduga telah melibatkan pejabat tinggi di Provinsi Itu, namun hingga kini tetap tidak terendus oleh aparat penegak hukum.

"Situasi tersebut, benar-benar membuat kami prihatin, pasalnya negara dan masyarakat Indonesia harus menanggung kerugian material sekaligus non material, terutama jika praktik ilegal mining tetap dibiarkan maka lingkungan di Bangka Belitung bakal semakin parah," kata Wirtsa.


komen: saya baru baca berita ttg migas yg kecolongan sekitar Rp.15.000 T, ternyata selain tambang migas, (iseng nanya mbah gugel) tambang timah juga kecolongan..ckckck parah bangsa ini (yang sebenarnya sangat sangat kaya raya!!)

sumber :http://www.beritasatu.com/bisnis/74941-malaysia-diduga-curi-120532-ton-timah-bangka-belitung.html
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive