SITUS BERITA TERBARU

[Intruksi Menteri TI] Idealnya 5 Operator, Menkominfo Dorong Akuisisi

Saturday, August 3, 2013
Sorry gan beritanya terbit 5 hari yg lalu [imagetag]


Quote:Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring telah menyatakan persetujuan secara prinsip atas rencana akuisisi XL Axiata atas Axis Telekom Indonesia. "Operator di Indonesia kebanyakan!" tegasnya.

Dipaparkan Tifatul, Indonesia saat ini memiliki 14 operator telekomunikasi. Jumlah ini sudah terlalu banyak dan berakibat kondisi bisnis yang kurang sehat.

"Data menunjukkan 92% income revenue itu di-take over oleh hanya tiga perusahaan, ya operator teratas saja. Jadi yang lain cuma dapat 8%, rimah-rimahnya saja," lanjut menteri asal Partai Keadilan Sejahtera ini di sela apel siaga menjelang Lebaran di kantor Kementerian Kominfo, Senin (29/7/2013).

Sebagai perbandingan, di negara besar macam Jepang, operator telekomunikasi itu cuma ada empat. "Sementara kita ada 14, kebanyakan. Jadi kalau ada akuisisi atau merger saya secara prinsip setuju," imbuh Tifatul.

Lantas, berapa idealnya jumlah operator di Indonesia? "Idealnya 5-6 operator, itu kurang lebih. Tapi tidak 14 kaya gini," tukasnya.

Tifatul pun mengharapkan akan adanya aksi konsolidasi lain -- entah itu akuisisi atau merger -- dari para operator telekomunikasi. Tidak cuma berhenti di XL dan Axis.

"Sebab agar pengelolaan spektrum jadi lebih optimal," tandasnya.

Kementerian Kominfo sendiri telah memberi restu kepada XL untuk mengakuisisi Axis. Restu ini sudah diresmikan dalam bentuk surat persetujuan prinsip yang ditandatangani oleh Menkominfo Tifatul Sembiring.

Pun demikian, persetujuan prinsip dari regulator masih merupakan langkah awal dalam proses akuisisi XL terhadap Axis. Termasuk soal berapa angka penawaran XL terhadap Axis. Kedua perusahaan masih dalam tahap negosiasi harga alias belum deal. Jadi belum bisa mengeluarkan nilai akuisisi yang disepakati.


(ash/eno)


sumber : http://inet.detik..com/read/2013/07/...orong-akuisisi

Komentar : Jangan cuman omong doang , Realisasinya mana ? dari ente menjabat menteri inet indonesia aja masih LEMOTTTT [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive