SITUS BERITA TERBARU

[Berita Kopi] Ketika Foto Diri Nampang di Minuman Kopi

Friday, August 16, 2013
[imagetag]

Seperti diwartakan Oddity Central yang dikutip Jumat (16/8/2013), Let's Cafe yang merupakan kios kopi kecil yang tersebar di berbagai wilayah Taiwan menawarkan kopi cepat saji yang nikmat. Selain nikmat, mereka banyak diburu karena hadir dalam sajian unik berupa gambar si pembeli yang nampang di atas buih minuman kopi yang mereka jual.

Let's Cafe memberi nama sajian itu latte art atau seni di atas minuman kopi latte.

Saat membeli kopi, para pelanggan bisa mengunggah foto dari ponsel mereka ke mesin dispenser kopi khusus. Lalu dispenser itu menghubungkan data yang diterimanya ke printer khusus hingga bisa mencetak foto mereka pada buih susu.

[imagetag]

Ketika seniman latte lainnya menggunakan media tradisional seperti tusuk gigi, Let's Cafe menawarkan hal baru dalam dunia latte art yang lebih unggul. Karena hasilnya lebih mirip dengan gambar aslinya, ketimbang dari hasil konvensional.

Keberadaan printer kopi unik itu pun disebut-sebut mampu meningkatkan angka penjualan kedai kopi Let's Cafe.

Seni Konvensional

Sebelum membuat kreasi seni di atas minuman kopi menggunakan printer khusus hadir, para barista --pembuat minuman kopi-- menciptakannya dengan cara konvensional menggunakan tusuk gigi.

Bermodalkan tusuk gigi sebagai kuas untuk 'melukis' latte. Berbagai potret tokoh terkenal terpampang di kopi yang disajikan oleh Mike Breach, barista asal New York, Amerika Serikat.

Sementara bagi penggila anime Jepang, cobalah kopi yang dibuat oleh pria asal Jepang bernama Sugi. Sejak tahun 2012 lalu, Sugi sudah menggembar-gemborkan seni latte yang terfokus pada karakter-karakter kartun Jepang. Itu disebarkannya lewat jejaring sosial Twitter.

Yang membuat kopi dari barista Jepang itu spesial bukan hanya dari karakter kartun Jepang saja, tetapi juga gambar itu berwarna. Warna dasar yang digunakan untuk gambar itu adalah cokelat yang dilukis dengan sirup cokelat. Misalnya, untuk menghasilkan warna pink, Sugi memakai sirup stroberi. Sedangkan untuk warna pink yang lebih muda, sirup itu dicampur dengan steamed milk. Warna biru dihasilkan dari sirup biru dari Hawaii.

Spesialnya lagi, tak seperti di Taiwan, Sugi membuat karakter anime seperti Sailor Moon atau Naruto itu dengan tangan. Juga seperti barista New York, Sugi memakai media tusuk gigi.

Membuat karakter dalam kopi bukan hal yang mudah. Sugi membagi rahasianya agar bisa menggambar seperti dia.

"Rahasiaku bisa membuat latte art seperti itu adalah ketekunan dan ambisi. Tetap saja pasti ada sewaktu-waktu aku melakukan kesalahan, tetapi aku selalu belajar dari kesalahan agar tak mengulanginya lagi," kata Sugi seperti yang dimuat Oddity Central Mei lalu.

Pria itu juga menyarankan, bagi barista yang ingin belajar, komunitas adalah salah satu jawabannya.

"Dengan bergabung komunitas latte art di Twitter, kita bisa melihat komentar orang lain dari karya kita. Dan, orang berbakat lainnya akan membantu kita untuk belajar," ujarnya. (Tnt)

[imagetag]

sumber

keren juga nih latte art nya [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive