SITUS BERITA TERBARU

Makam Sastrawan Pramoedya Dikunjungi Warga Asing

Monday, July 28, 2014
Quote: Makam Sastrawan Pramoedya Dikunjungi Warga Asing



Sastrawan terkenal Pramoedya Ananta Toer dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak. Makam penulis novel Bumi Manusia ini kerap dikunjungi peziarah saat Lebaran.

Tempo berkesempatan bertemu dengan anak Pram yang sedang berziarah. "Kami sering ke sini (makam Pram), bukan hanya saat Lebaran saja," ujar Yudhistira Ananta Toer, anak bungsu Pram, saat ditemui di TPU Karet Bivak, Senin, 28 Juli 2014.

Anak kedelapan Pram ini datang bersama kakaknya, Tatiana Ananta Toer, putri keempat Pram. Yudis mengatakan ia dan keluarganya mengunjungi makam almarhum ayahnya tidak hanya saat Lebaran asaja, tapi juga pada kesempatan lain seperti hari meninggal dan hari lahir Pram.

Selain mengunjungi makam Pram yang terletak di Blok A dekat depan pintu masuk, mereka juga mengunjungi makam ibu mereka yang juga dimakamkan di TPU Karet Bivak. "Ibu berasal dari keluarga Thamrin," tutur Tatiana.

Makam Maemunah Thamrin berada tak jauh dengan makam Pram. Maemunah adalah keponakan pahlawan nasional, yaitu Muhammad Husni Thamrin. Maka, makam Maemunah berada dalam area yang sama dengan Husni Thamrin.

Yudis mengatakan makam ayahnya sering dikunjungi oleh orang warga negara asing. "Tapi saya enggak tahu siapa mereka," ujar Yudis. Hal serupa juga dikatakan Yusuf, penjaga makam di Karet Bivak. "Memang suka banyak warga asing yang datang ke makam Pak Pram," tutur Yusuf. "Saya bangga sama Bapak karena namanya harum sampai ke luar," kata Yudis.

SUMBER


tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive