SITUS BERITA TERBARU

AS Evakuasi Staf Kedutaannya di Libya ke Tunisia

Sunday, July 27, 2014
Quote: AS Evakuasi Staf Kedutaannya di Libya ke Tunisia



Amerika Serikat menutup kedutaannya di Libya dan mengevakuasi seluruh stafnya ke Tunisia seiring meningkatnya bentrokan antarmilisi di Tripoli, ibu kota Libya, Sabtu, 26 Juli 2014.

"Sehubungan bentrok yang sedang terjadi antarmilisi segera mendekati gedung Kedutaan Amerika Serikat di Tripoli, kami sementara ini memindahkan seluruh staf kami keluar dari Libya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Marie Harf.

Tak hanya seluruh staf kedutaan yang dievakuasi, pasukan marinir yang mengamankan gedung kedutaan juga dipindahkan ke Tunisia. Mereka dievakuasi dengan menggunakan pesawat terbang militer Amerika. Pemerintah Amerika juga meminta warganya untuk tidak berkunjung ke Libya.

Evakuasi ini dilakukan karena Amerika tak mau mengulangi peristiwa serangan terhadap kantor kedutaannya di Kota Benghazi pada tahun 2012 yang menewaskan sejumlah stafnya. Langkah Amerika menutup kedutaannya di Libya merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu lebih dari tiga tahun terakhir.

Turki sudah lebih dulu menarik sekitar 700 stafnya keluar dari Libya. Awal pekan ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan penarikan seluruh stafnya dari Libya.

Bentrok bersenjata antarmilisi semakin parah di Libya sejak tewasnya pemimpin Libya Muammar Khadafi. Sejak 2011, Libya di bawah kendali para milisi. Dengan ketiadaan angkatan bersenjata, Pemerintah Libya semakin kehilangan kendali terhadap seluruh wilayah dalam dua tahun terakhir.

SUMBER


tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive