SITUS BERITA TERBARU

Sleman Larang Truk Pasir Melintas di Jalur Mudik

Monday, July 28, 2014
Quote: Sleman Larang Truk Pasir Melintas di Jalur Mudik



Pemerintah Kabupaten Sleman melarang truk pengangkut pasir melintas di jalur mudik sejak H-7 Lebaran. Meskipun secara nasional, truk tidak diperbolehkan melintas di jalanan 4 hari sebelum Lebaran, namun khusus truk pengangkut pasir lereng Merapi 7 hari sebelum Lebaran.

"Pemerintah Kabupaten Sleman mengeluarkan aturan larangan operasi truk pengangkut pasir selama arus mudik dan balik Lebaran 2014," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Energi, dan Mineral (SDAEM) Sleman Sapto Winarno, Ahad, 20 Juni 2014.

Meskipun sesuai surat keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat larangan truk melintasi jalan empat hari menjelang dan empat hari setelah Lebaran, namun truk pengangkut pasir dilarang melintas H-7 hingga H+7. Peraturan ini, kata dia, untuk memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang merayakan Lebaran. Sapto mengkhawatirkan jika truk-truk itu melintas di jalanan, maka akan mengakibatkan kemacetan.

"Untuk sosialisasi kami juga memasang spanduk di beberapa tempat," kata dia.

Meskipun penambangan pasir di sungai-sungai yang berhulu di Merapi, Sleman, sudah ditiadakan, namun penambangan pasir di lahan warga masih ada. Sehingga lalu lalang-truk pengangkut pasir atau material vulkanik lainnya masih kerap terjadi.

Di wilayah Kabupaten Sleman, menjelang dan sesudah Lebaran perlu diantisipasi soal kemacetan kendaraan. Banyak jalan yang berpotensi macet. Seperti Jalan Magelang, Jalan Kaliurang, Jalan Adi Sucipto, Jalan Wates, dan lain-lain.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kaupaten Sleman Agoes Soesilo Endriarto, ada beberapa macam kendaraan besar semacam truk yang masih diperbolehkan melintas menjelang dan sesudah Lebaran. Yaitu truk pengangkut sembako, truk tanki bahan bakar minyak, truk pengangkut ternak, pengangkut pupuk, pengangkut susu, dan pengangkut barang antaran pos.

"Ada pengalihan arah jalan untuk antisipasi kemacetan," kata dia.

SUMBER


tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?
ya bener juga sih kaya gini

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive