SITUS BERITA TERBARU

Parkir Liar di Monas Kembali Marak

Tuesday, July 29, 2014
Quote: Parkir Liar di Monas Kembali Marak



Kondisi Monumen Nasional (Monas) yang dipadati pengunjung mengakibatkan parkir IRTI Monas tidak dapat menampung semua kendaraan yang akan masuk ke Monas. "Enggak muat," kata Ucin, koordinator lapangan Parkir IRTI saat ditemui Tempo di Parkir IRTI Monas, Selasa, 29 Juli 2014.

Menurut Ucin, selain karena banyaknya kendaraan, kondisi IRTI yang saat ini sedang dibangun juga menjadi penyebab tidak muatnya lahan parkir. "Sebagian lahan masih dalam pembangunan," kata Ucin. "Jadi lahan parkir terpotong akibat pembangunan tersebut," katanya.

Berdasarkan catatan petugas parkir, pada Lebaran hari ke dua, jumlah pengunjung yang memarkirkan motor adalah 2700 motor. "Dari pagi sampai sore, sekitar pukul 17.00 WIB," kata Arif, petugas parkir motor. Untuk mobil, pada hari dan waktu yang sama hanya 200 mobil. "Lebih banyak yang milih parkir di luar," kata Arif.

Dari pengamatan Tempo, banyak pengunjung yang memarkir mobilnya di depan pintu masuk Monas. Ada yang parkir di pintu masuk timur Monas, di depan parkir IRTI, dan pintu masuk Gambir. "Itu termasuk parkir liar," kata Ucin. "Jadi bukan dalam pengawasan kami," katanya.

Menurut Ucin, pengawasan yang dilakukan oleh petugas parkir Monas hanya di parkir IRTI Monas. "Parkir IRTI yang sah," katanya. "Lain dari IRTI, bukan tanggung jawab kami," katanya. Akan tetapi, Ucin mengatakan hanya saat pengunjung membludak parkir liar kembali marak. "Kalau hari biasa, sudah jarang parkir liar," katanya.

Menurut Ucin, juru parkir liar memungut antara Rp 5.000 - Rp 10.000. "Bahkan kadang ada yang lebih," kata Ucin. "Tapi ya itu keamanan tidak terjamin," ujarnya. Setiawan, 52 tahun, pengunjung Monas, memarkirkan mobilnya di depan parkir IRTI Monas. "Tadi mau masuk ke parkir IRTI enggak jadi," ujarnya. "Ngantri soalnya," kata Setiawan. Setiawan membayar Rp 10.000 untuk sekali parkir di luar. "Enggak apa-apa, kan tidak setiap hari," ujarnya.

Untuk parkir mobil, parkir IRTI Monas mengenakan biaya Rp 3.000 selama dua jam pertama, kemudian sejam berikutnya Rp 1.500. Untuk motor, parkir sejam pertama Rp 750. "Rata-rata pengendara motor biasanya bayar Rp 3.000," katanya. "Itu sekitar empat parkir," kata Arif.

SUMBER


menurut agan dan mbaknya gimana nih ?
ya kalo soal ini mah susah pasti menjamur soalnya



Link: http://adf.ly/qg41p
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive