SITUS BERITA TERBARU

Israel Gencatan Senjata 24 Jam, Hamas Tak Sepakat

Sunday, July 27, 2014
Quote: Israel Gencatan Senjata 24 Jam, Hamas Tak Sepakat



Israel sepakat melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza selama 24 jam. Gencatan senjata atas dasar kemanusiaan ini dilakukan atas permintaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berbeda dengan Israel, kelompok militan Hamas akan menerima gencatan senjata jika pasukan Israel meninggalkan wilayah Gaza untuk selamanya.

Gencatan senjata yang dilakukan menjadi isyarat bahwa Israel akan mengakhiri konflik 20 hari dengan Hamas dan sekutunya. Sejauh ini setidaknya 1.050 warga Gaza--kebanyakan warga sipil--tewas. Sebanyak 42 tentara dan tiga warga sipil di Israel pun tewas karena baku tembak antara pasukan Israel dan Hamas.

"Atas permintaan PBB, kabinet menyetujui hiatus kemanusiaan hingga pukul 24.00 waktu setempat," ujar pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya dalam sebuah pernyataan. "Pasukan Pertahanan Israel akan bertindak jika terjadi pelanggaran gencatan senjata."

Sabtu, 26 Juli, warga memanfaatkan jeda baku tembak di Gaza untuk melakukan pemulihan serta membeli persediaan makanan. Meski gencatan senjata, posisi kedua pasukan tetap berjauhan.

Hamas tak setuju untuk melakukan gencatan senjata. Kelompok muslim radikal Palestina ini hanya menginginkan Israel mengakhiri blokade di Gaza. Sementara, para pejabat Israel mengatakan gencatan senjata memungkinkan pasukan tetap memburu jaringan bawah tanah Hamas di perbatasan Gaza.

Israel mengatakan jaringan bawah tanah ini ditujukan untuk mencapai dan melakukan serangan ke Israel. Bagian bawah tanah lainnya digunakan Hamas sebagai penyimpanan senjata dan bunker.

Pejabat Israel itu menambahkan, pasukan akan langsung bertindak terhadap setiap pelanggaran gencatan senjata. Selain itu, pihaknya akan terus melawan gerakan bawah tanah dalam waktu 24 jam ini. Kabinet Israel juga akan berkumpul kembali pada Ahad, 27 Juli, untuk mempertimbangkan kelanjutan operasi di Gaza.

SUMBER


gimana menurut agan dan mbaknya ?
walah walah ada aja dah ah

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive