SITUS BERITA TERBARU

Nama Kijang, yang punya cuma Indonesia

Tuesday, August 27, 2013
[imagetag]
Quote:Nama Kijang sudah tercatat berumur 36 tahun di Indonesia. Hingga model terakhir pun yang merupakan generasi kelima, Toyota masih memunculkan nama Kijang dengan keikutsertaan nama Innova.

Kijang lantas masuk ranah produk ekspor ke sejumlah negara. Ada Thailand, Filipina, hingga Arab. Namun nama Kijang tetap hanya di Indonesia.

"Ada pertanyaan, 'Itu yang di Thailand kan Kijang. Itu yang di Filipina Kijang juga, kok namanya beda?' Nah saat itu kita bersepakat pakai bahwa nama Kijang satu-satunya hanya ada di Indonesia, tapi di negara-negara lain namanya Innova," papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Model cantik bergaya dengan innova

Langkah awal ekspor Kijang sendiri dimulai tahun 2004. Saat itulah Kijang mulai diklaim sebagai produk internasional, yang masuk ke sejumlah negara tadi.

"Kalau Anda naik haji, di sana ada namanya Innova dan di negara lain juga Innova. Ini karena di tahun 2004 Kijang menyatakan dirinya sebagai produk internasional," tambahnya.

sumber



[imagetag]

Quote:
Dari Jusuf Kalla-lah Asal Nama Toyota Kijang
Suatu ketika saya dapatkan kesempatan main-main ke museum Astra. Saya menemani seorang teman yang ada keperluan meeting di sana dan usai meeting itulah kesempatan itu datang. Saya mencoba mengeksplore museum yang Nampak futuristic ini sedetail-detailnya.

Sampai kemudian mata saya berhenti di sebuah Toyota Kijang pick-up keluaran pertama, berwarna orange dengan jendela sederhana dari plastik transparan.

Saya kemudian bertanya pada seorang staff, Toyota apa ini? ia jawab bahwa itu adalah Toyota Kijang keluaran perdana. Dalam hati saya, mobil ini sekarang keliahatan seperti tak layak jalan, tapi dulu mungkin ini adalah primadona.

Kemudian saya meneruskan jelajah museum untuk melihat-lihat beberapa foto-foto tua. Saya berhenti pada sebuah foto yang di dalamnya ada gambar Pak Jusuf Kalla muda di tahun 70-an. Saya heran, ada apa hingga muka orang ini ada di sini?

Kata staff museum memang itu adalah Jusuf Kalla. Ia sedang mengikuti acara gathering distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia. Katanya, di pertemuan itu dkenalkan Toyota Kijang untuk pertama kali dan Jusuf Kalla-lah yang mengusulkan nama KIJANG. Waktu itu, kata si staff, ada beberapa nama diajukan, tapi mayoritas menyukai nama KIJANG.

Wow! Ternyata, mobil Toyota Kijang yang legendaris itu namanya adalah ciptaan Jusuf Kalla. Di museum itu pula saya diberitahu bahwa sebenarnya yang memasukkan mobil Toyota pertama kali ke Indonesia adalah Jusuf Kalla. Astra baru belakangan bergabung.


mobil berjuta-juta umat, nggak tau kenapa ya kok bisa luaris
harga secondnya juga tinggi [imagetag]

[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive