SITUS BERITA TERBARU

[BERITA PELINTIR] Jokowi Catat Sejarah Larang Takbir Keliling

Friday, August 9, 2013
SUMBER TERPERCAYA

PKS Nongsa - Gubernur DKI Jakarta melarang takbir keliling. Larangan Jokowi terasa aneh karena dalam sejarah gubernur DKI dan mungkin gubernur se Indonesia, hanya dia satu-satunya yang melarang takbir keliling.

Apa sebenarnya motif larangan itu. Informasi yang didapat TRIKNEWS larangan itu lebih pada persoalan keamanan. Jika takbir keliling diijinkan akan terjadi banyak kecelakaan.

"Kita mengimbau masyarakat agar takbirannya di masjid-masjid saja. Tidak usah keliling, tidak usah konvoi," ungkap Jokowi.

Untuk itu, kata Jokowi, bila ada warga yang tetap mengadakan malam takbiran dengan keliling dan konvoi, mereka akan segera diamankan pihak kepolisian.

"Urusannya para kepolisian. Tapi cukup berbahaya jika dibiarkan tarawih konvoi dan keliling kota memadati ruas-ruas jalan tertentu. Selama ini, takbiran umumnya diadakan dengan menyusuri jalan raya sembari bernyanyi."

Malam ini, Jokowi keluar dari rumah dinasnya di Taman Suropati, Jakpus, sekitar pukul 18.58 WIB, Rabu (7/8/2013). Jokowi keluar dari rumah dinas menggunakan mobil Innova. Arah mobil Jokowi menuju rumah Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Terlepas dari motif Jokowi, larangan takbir keliling menjadi janggal karena tradisi takbir keliling sudah membudaya dalam masyarakat Indonesia. Jokowi harusnya lebih peka melihat semangat keberagaman masyakarat ketimbang menguar ego pribadi.

Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali berharap agar tradisi takbiran keliling tidak dilarang.

"Saya berharap Kapolda maupun Pemprov DKI Jakarta memmberikan izin bagi mereka yang takbiran," ujar Suryadharma usai memimpin sidang isbat di gedung Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Rabu (7/8).

"Takbiran itu membesarkan nama Allah, masa dilarang. Saya Khawatir polisinya malah dosa," imbuh dia.

Tapi Menag mendukung tindakan tegas polisi terhadap warga yang menyalahi aturan saat takbir keliling. "Yang dilarang itu kebut-kebutannya atau petasannya," ungkap Suryadharma.[triknews]

-------------
Perasaan ane dulu sekolah kagak pernah diajarin "imbauan" itu sinonim dari "larangan" ? [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive