SITUS BERITA TERBARU

TKI Asal Madiun Suspect Virus Ebola

Friday, October 31, 2014



Seorang mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Gemarang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dirawat intensif di Rumah Sakit Umum dr Soedono Madiun karena diduga kuat suspect virus ebola. Ia mengalami gejala serupa seperti penyakit malaria, yakni panas tinggi, sakit kepala yang diikuti mual-mual, muntah, dan diare.

"Pasien itu mulai kemarin malam menjalani perawatan medis di ruang isolasi rumah sakit dr Soedono. Kami dan para perawat menangangi pasien itu sebagai suspect ebola," kata dr Syaiful Anwar, kepala bidang pelayanan medik Rumah Sakit dr Soedono Madiun, Jumat (31/10/2014).

Menurut Syaiful, pihaknya meyakini mantan TKI dari Afrika tersebut suspect virus ebola lantaran sebelumnya pasien tersebut sudah pernah menjalani perawatan di Afrika yakni di Nigeria sebelum pulang ke Indonesia. Apalagi disana ia bekerja di areal hutan yang merupakan daerah endemis virus ebola. Ia bekerja sebagai buruh penebangan kayu di negeri itu. Sebelum pulang ke Indonesia, ia terlebih dahulu dikarantina selama seminggu.

"Ia dikarantina selama seminggu sebelum pulang ke Indonesia itu karena kepalanya mengalami pusing-pusing dengan badannya panas tinggi disertai muntah-muntah," ungkap Syaiful.

Kemudian, M begitu inisial yang ditengarai suspect virus ebola ini dikarantina selama sehari begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Dan sesampai di rumahnya di Kecamatan Gemarang, Madiun, ia kembali merasakan tubuhnya mendadak panas dan muntah-muntah lagi.

"Karena keluarganya takut akan keadannya yang memburuk, ia lalu dilarikan ke Rumah Sakit dr. Soedono ini," ungkap Syaiful seraya kini hendak merujuknya ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya karena di rumah sakit ini yang lebih mumpuni dalam penanganan virus ebola ini.


SUMBER


Semoga bisa sembuh

Link: http://adf.ly/tbccE
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive