SITUS BERITA TERBARU

MUI: Insya Allah, Tahun Ini Lebaran Serentak 8 Agustus

Monday, August 5, 2013
JAKARTA - Berbeda dengan awal Ramadan yang tidak berbarengan, Idul Fitri 1 Syawal 1434 H kemungkinan besar akan serentak dilaksanakan umat muslim Indonesia, tepatnya Kamis 8 Agustus 2013.

"Insya Allah, lebaran kali ini sama," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin, Senin 5 Agustus.

Ma'ruf Amin lalu menjelaskan tentang perhitungan jatuhnya 1 Syawal pada 8 Agustus. Kata dia, perhitungan hisab menunjukkan kemungkinan tinggi hilal pada malam Kamis di atas 2 derajat. Karena itu jatuhnya 1 Syawal diperkirakan akan sama.

"Sudah inkan rukyah. Sehingga, sidang itsbat 7 Agustus yang menetapkan 1 Syawal 8 Agustus diperkirakan bakal mulus. Itsbat itu untuk menetapkan. Ngetok saja. Semua ormas hadir," katanya sambil menegaskan semua pihak harus menaati keputusan sidang.

Terkait perbedaan di awal Ramadan, kata dia, tidak masalah sepanjang dijalani 29 atau 30 hari karena mengikuti penanggalan qomariyah (perjalanan bulan).

"Bulan qomariyah itu 29 atau 30, kali ini 29. Karena malam Kamis itu sudah di atas 2 derajat, besoknya bisa di atas 3 derajat. kalau Muhammadiyah sudah 30 hari kalau yang 29 karena sudah bisa dilihat hilalnya," ujarnya.(sumber)

Mantap,,,
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive