SITUS BERITA TERBARU

WOWW ADA JURUSAN SASTRA INDONESIA DI KOREA

Sunday, July 14, 2013
[imagetag]
Sejauh ini, meski titik tekan jurusan Malay-Indonesia HUFS pada bahasa Indonesia, adanya beberapa mata kuliah kesusastraan, seperti mata kuliah Sastra dan Masyarakat, Cerita Rakyat, Sejarah Sastra Indonesia, Pengarang Indonesia, dan sejumlah mata kuliah lain yang berkaitan dengan sastra Indonesia, memberi kesempatan untuk memperkenalkan sastra Indonesia secara lebih luas. Bahkan, HUFS sejak tahun 2009, telah membuka program pascasarjana (S-2 dan S-3) untuk jurusan sastra Indonesia.
Sejauh ini sejumlah penelitian yang dilakukan mahasiswa Korea di HUFS, dapat disebutkan, antara lain, tentang Pramoedya Ananta Toer (S-2 dan S-3: Koh Young Hun), Mochtar Lubis (S-3: Kim Jang Gyeum), Rendra (S-2: Kim Jang Gyeum), Umar Kayam dan Nh Dini (S-2 dan S-3: Lee Yeon), Chairil Anwar (S-2: Park Jae Bong dan S-3: Kim Young Soo), Y.B. Mangunwijaya (S-2: Park Jong Heung), Ahmad Tohari (S-2: Yun Hyun Sook), dan Seno Gumira Ajidarma (S-2: Choi Se Yoon)
Di luar bidang pengajaran, pada tahun 2010, penyair Rida K Liamsi dan Nirwan Dewanto, diundang dalam acara pertemuan penyair Korea dan Asia Tenggara. Program itu dilanjutkan dengan kegiatan yang sama di Pekanbaru, 2011. Pada tahun 2012, sejumlah penyair Indonesia, juga berkesempatan tampil di HUFS, Seoul dan di kota Ansan, sebuah kota yang biasa menjadi tempat pertemuan para Tenaga Kerja Indonesia. Mereka antara lain, Asrizal Nur, Ahmadun Yosi Herfanda, Rida K Liamsi, Sosiawan Leak, Kazaini, Memed Gunawan, HS Jumari, D Kemalawati, Wina SW. Sementara itu, Gus tf Sakai, tampil di Busan, sebuah kota terbesar kedua di Korsel.
Yang kini sedang mulai dirintis adalah usaha menerjemahkan khazanah sastra Indonesia ke dalam bahasa Korea. Dengan cara itu, masyarakat Korea akan lebih mudah memahami kesuastraan Indonesia. Di samping itu tentu saja, pengiriman sastrawan-sastrawan Indonesia ke Korea menjadi hal yang penting dilakukan, agar masyarakat Korea makin luas mengenal dan memahami kesusastraan Indonesia.

sumber
harianlahat
http://www.harianlahat.com/2013/07/s...esia-di-korea/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive