SITUS BERITA TERBARU

SBY ke Lumajang, DUKUN SEMERU Dikerahkan

Tuesday, July 30, 2013
[imagetag]
Quote: Dukun di kawasan Gunung Semeru ikut berperan mengamankan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 30 Juli 2013. Pengamanan secara spiritual ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan dari pihak-pihak yang tidak senang dengan kehadiran SBY di Lumajang.

Kepala Desa Sumberurip, Fredy Karyono, mengatakan, tiga hari sebelum kehadiran SBY di desa yang berada di kaki Gunung Semeru ini, pihaknya telah meminta dua dukun desa setempat untuk ikut mengamankan kedatangan SBY. Menurut rencana, SBY akan meninjau sentra penghasil salak di Desa Sumberurip. Fredy mengatakan tidak menutup kemungkinan ada pihak yang tidak senang dengan kehadiran SBY di Lumajang sehingga melancarkan gangguan-gangguan.

Fredy mengatakan dua dukun yang mengamankan itu tinggal di sekitar lokasi yang dikunjungi SBY, yaitu kantor UPTD Pertanian Kecamatan Pronojiwo. Di belakang kantor ini terdapat gudang serta kebun salak yang luasnya sekitar seperempat hektare. Sedianya, SBY akan memetik salak di kebun tersebut. Kedua dukun tersebut, ujar Fredy, kemudian meminta syarat. "Dukunnya minta syarat dan sudah dipenuhi," kata Fredy.

Fredy juga mengatakan kebun Salak ini beberapa hari sebelumnya juga telah dijaga oleh warga setempat. "Jangan sampai akan dipetik kemudian hilang," kata Fredy. Hal yang sama dikatakan Alimin, warga Sumberurip. "Beberapa malam terakhir ini saya ikut menjaga kebun dan harus tidur di kantor," kata Alimin.

Selain pengamanan secara spiritual, SBY juga mendapatkan pengamanan secara ketat. Polisi dan tentara menjaga sepanjang jalan yang dilewati iring-iringan SBY. Hampir di setiap mulut gang di sepanjang jalan yang dilewati rombongan Presiden dijaga oleh satu polisi atau tentara.

"Di bukit-bukit yang berada di sekitar lokasi juga ditempatkan personel tentara," ujar seorang anggota Koramil Pronojiwo kepada Tempo. Dia juga mengatakan dukun-dukun dikerahkan untuk mengamankan kedatangan RI-1 ini.

Sementara itu, kedatangan SBY disambut meriah warga setempat. SBY beserta sejumlah menteri yang mendampinginya baru datang sekitar pukul 14.15 WIB.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga ikut dalam rombongan. Begitu keluar dari mobil dengan pelat nomor Indonesia I, SBY langsung menghampiri warga yang menyambutnya dengan meriah. Dengan kawalan Paspampres, SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono, menyalami warga setempat. Paspampres sampai kewalahan menjaga SBY.

Kedatangan SBY di Sumberurip berlangsung tertib. SBY sempat berdialog dengan petani salak setempat. SBY dan Ani Yudhoyono juga sempat memetik salak di kebun tersebut.

sumber


wah apakah otomatis banyak jin juga yang mengamankan?

[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive