SITUS BERITA TERBARU

Orang yang Bangun Siang Lebih Pintar dan Sukses?

Wednesday, July 31, 2013
Kompas.com - Nasihat kuno mengajarkan pentingnya bangun pagi jika ingin sukses dan kaya. Bangun kesiangan bisa membuat rejeki hilang karena sudah diambil orang. Tetapi nasihat itu bertentangan dengan penelitian terbaru yang menunjukkan orang yang bangun siang justru sukses dalam pekerjaan.

Bangun siang pada umumnya disebabkan karena seseorang tidur terlalu larut sehingga sulit untuk bangun pagi hari. Nah, menurut penelitian, orang-orang tersebut umumnya memiliki kecerdasan lebih tinggi, terutama dalam hal konseptual dan penalaran.

Meski di sekolah anak-anak yang rajin bangun pagi lebih berprestasi dibanding dengan anak yang sering bangun siang, tetapi saat sudah masuk dunia kerja, anak yang sering bangun siang lebih unggul.

Hasil tersebut didapatkan oleh penelitian dari University of Madrid ini dilakukan dengan mengikuti 1000 remaja.

Hal serupa diperoleh pada riset yang dilakukan University of Southampton. Orang yang bangun siang meraih pendapatan yang lebih besar dengan kemapanan hidup lebih baik. Misalnya rumah lebih nyaman, mobil, dan pekerjaan yang lebih ringan.

Studi yang dilakukan US Air Force juga menunjukkan, orang yang terbiasa bangun telat lebih hebat dalam kreativitas. Walaupun tes untuk mengetahui hal itu dilakukan di pagi hari.

Menanggapi hal ini, profesor dari psikofisiologi dari Loughborough University, Jim Horne menyatakan, "Tipe yang suka melek malam cenderung lebih ekstrovert dan kreatif, seperti pada artis dan penemu. Sementara tipe yang bangun lebih pagi cenderung rajin, seperti pegawai pemerintah dan akuntan."

Terdapat perbedaan yang sangat jelas dari dua tipe pribadi ini. Tipe malam lebih suka berhubungan sosial dan beriorientasi pada orang lain.

Sementara riset yang dimuat dalam jurnal Emotion menunjukkan, orang yang bangun pagi lebih bahagia. Jam biologi mereka lebih selaras dengan orang kebanyakan.

Beberapa orang sukses yang memiliki kegemaran bangun pagi adalah George W. Bush, Thomas Edison, dan Ernnest Hemingway. Orang yang bangun pagi memiliki sisi kecerdasan dalam menyimpulkan, analisa, dan mengonsep.

sumber

Alhamdulillah ternyata sering bangun siang ada positifnya [imagetag]:
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive