SITUS BERITA TERBARU

akhirnya masalah PKL tanah abang ada solusi juga...

Tuesday, July 30, 2013
Tak hanya menemui pengunjuk rasa, Senin 29 Juli 2013, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga bertemu perwakilan pedagang kaki lima (PKL) Pasar Tanah Abang yang sebanyak lima orang.

Dari hasil pertemuan tersebut, Ahok mengklaim bahwa PKL bersedia direlokasi ke Blok G yang memang disediakan untuk tempat relokasi PKL yang menjajakan barang dagangannya di jalan raya.

"Dia sudah bilang, 'Kita sepakat dukung bapak'. Kita ngerti lah. Mereka cuma bilang, �Pengalaman kami dengan Pemprov, Blok G saat ini memang masih sunyi. Cuma pengalaman PKL, begitu sudah laku, pasti diusir�," kata Ahok menirukan perkataan PKL, di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Hal yang ditakuti para PKL tersebut adanya proses penggadaian yang dilakukan PD Pasar Jaya di tiap pasarnya kepada pihak swasta. Seperti yang terjadi di Blok A, saat dilakukan revitalisasi, pedagang lama yang menempatinya tergusur oleh pedagang lain yang memiliki modal lebih besar. Dan kelima pedagang tersebut adalah yang tersingkir dari Blok A.

"Dulu mereka di Blok A lantai 12, tapi pindah," kata dia.

"Makanya itu, harus dengan perjanjian. Ini kan PD Pasar Jaya sudah gadaikan ke swasta pasar-pasar karena enggak laku. Ini kesempatan, kalau enggak laku, saya dorong kalian untuk mengusai. Masak kalian tidak mau?" imbuhnya.

Dikatakan Ahok, kapasitas Blok G Pasar Tanah Abang yang lebih dari 1.000 kios itu sangat cukup untuk menampung para PKL yang berdagang di badan jalan.

"Yang paling berat di Jakarta ini apa? Tempat usaha kan? Kalau sudah punya tempat usaha, yang nitipin barang banyak kok," tuturnya.

Setelah diberi gratis selama enam bulan, Pemprov DKI tetap akan menarik retribusi kepada para pedagang.

"Bayarlah pasti. Mana ada yang gratis? Kencing saja bayar di DKI. Kentut saja enggak bayar. He-he. Mereka mendukung relokasi? Yang pasti mereka bilang akan mendukung penuh Pemprov DKI menerapkan perda. Dulu kan alot, tapi sekarang kan jelas mereka bilang, 'Kami akan ikut',"

sumber: http://m.okezone.com/read/2013/07/30...uk-kepada-ahok


akhirnya bisa tertib juga....pada dasarnya untuk kepentingan bersama...[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive