SITUS BERITA TERBARU

Gaji Dokter di Cina Setara Sopir Taksi

Wednesday, July 24, 2013
Quote:Gaji Dokter di Cina Setara Sopir Taksi


[imagetag]

Beijing - Suap adalah pelumas yang membantu operasinalisasi rumah sakit negeri di Cina, demikian laporan Reuters. Menurut media ini, sistem kesehatan itu akan ngos-ngosan tanpa pembayaran ilegal untuk dokter dan administrator yang dibayar minim.

Mengutip praktisi medis dan pakar industri, mereka mengatakan kebijakan pemerintah yang patut disalahkan untuk sistem di mana dokter dan staf lainnya mengutip biaya tambahan untuk melakukan operasi dan menerima suap dari perusahaan-perusahaan farmasi dan pemasok peralatan medis.

Praktik kotor dunia kesehatan di Cina mengemuka setelah polisi menuduh produsen obat asal Inggris, GlaxoSmithKline, menyuap pejabat dan dokter selama enam tahun untuk meningkatkan penjualan dan harga obat-obatan meraka. GSK menyebut perkembangan ini "memalukan" dan pada hari Senin mengatakan beberapa eksekutif Cina tampaknya telah melanggar hukum.

Cina merupakan pasar yang menarik bagi perusahaan-perusahaan farmasi dan pembuat peralatan medis. Industri ini diperkirakan mendulang untung tiga kali lipat menjadi US$ 1 triliun pada tahun 2020 dari US$ 357 juta pada tahun 2011, menurut perusahaan konsultan McKinsey.

Korupsi sebagian besar berasal dari gaji pokok rendah dokter, yang ditetapkan sesuai dengan skala gaji untuk pegawai pemerintah. Rumah sakit dapat membayar bonus tetapi, mengingat rumah sakit umum kekurangan uang tunai,maka kompensasi biasanya rendah.

Seorang dokter baru keluar dari sekolah kedokteran di Beijing menghasilkan sekitar 3.000 yuan (US$ 490) per bulan termasuk bonus - kira-kira sama dengan gaji sopir taksi. Seorang dokter dengan 10 tahun pengalaman berpenghasilan sekitar 10.000 yuan per bulan, menurut Peter Chen, kepala eksekutif swasta Rumah Sakit Internasional Oasis di Beijing.

"Tanpa pendapatan abu-abu, dokter tidak akan memiliki insentif untuk berlatih," kata Yanzhong Huang, seorang peneliti di Dewan Hubungan Luar Negeri di New York.

Selama 30 tahun terakhir, pemerintah Cina mengarahkan sektor kesehatan untuk lebih berorientasi pasar. Itu berarti 13.500 rumah sakit umum negara harus mengelola keuangan mereka sendiri.

Pelayanan medis menyumbang lebih dari 50 persen dari pendapatan rumah sakit umum pada tahun 2011, menurut data Departemen Kesehatan. Sekitar 40 persen berasal dari resep obat sementara sisanya berasal dari pendapatan lain serta subsidi pemerintah, yang terus turun sejak tahun 1980-an.

Seorang dokter Cina yang memegang posisi senior di sebuah rumah sakit terkemuka di Beijing mengatakan 80 persen pendapatannya berasal dari suap. Tanpa itu, ia akan mendapatkan kurang dari US$ 600 per bulan, katanya, yang meninggalkan Cina lima tahun yang lalu untuk hidup di Inggris di mana ia terus membuka praktik kedokteran.

"Anda tidak dapat bertahan hidup dengan gaji Anda," kata dokter 50 tahun, yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas isu tersebut.

Seorang eksekutif industri yang telah bekerja di sektor medis Cina selama lebih dari 15 tahun mengatakan penyuapan dan korupsi meresap di setiap tingkat rumah sakit umum. "Mereka menganggapnya sebagai kebutuhan dalam sistem kesehatan saat ini," katanya, yang juga menolak untuk diidentifikasi.

Departemen Kesehatan tidak menanggapi permintaan untuk wawancara. Para pejabat di Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi, yang menetapkan harga obat resep, juga menolak memberikan komentar.

SUMBER....

Tragis banget, masa profesinya dokter tapi gajinya di samakan dengan gaji sopir taksi!!!!!!!

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive